Mengganti Kipas Radiator Timor

Seperti kita ketahui semua bahwa alat ini punya peranan penting dalam menunjang kinerja mesin . Tanpa adanya alat ini, niscaya mesin mobil akan rontok karena over heating.

Maka dari itu jangan pernah meremehkan kinerja alat ini dan selalu periksa kondisinya setiap ada kesempatan.

Cooling fan radiator mobil timor , normalnya akan berputar ( bekerja ) secara otomatis atas perintah dari ECU setelah suhu air radiator mencapai kisaran 90 derajat celcius dan akan berhenti ketika suhu kembali turun ke angka 80 atau kurang.

Pada saat AC dinyalakan, otomatis Cooling fan akan berputar seiring dengan kondensor fan AC sehingga radiator dan kondensor akan mendapat pasokan angin segar yang berasal dari dua kipas sehingga pendinginannya akan lebih maksimal.

Pada beberapa kasus apabila kita jarang memeriksa kondisi cooling radiator fan ini dan ternyata sudah mati atau rusak tanpa kita sadari, saat mobil berjalan air radiator akan cepat sekali mendidih ( ditandai dengan bunyi kemluthuk pada tabung pengisian air radiator ) apalagi saat kena macet.

Akan tetapi suhu air radiator akan cepat turun bila ac justru dihidupkan. Nah apabila anda mengalami masalah seperti ini segera cek radiator fan anda apakah masih hidup atau dah mokat!.

Berikut cara mengganti radiator fan yang rusak atau kebakar dengan yang baru.:

  1.  Kendorkan Klem pengencang dari upper radiator hose pada sisi radiator terlebih dahulu.

( disarankan mengurangi volume air radiator kurang lebih satu-dua liter terlebih dahulu ).

Kendorkan pula klem pada sisi mesin dan lepas selang agar memberi ruang gerak saat melepas kipas radiator .

 2. Anda bisa saja hanya melepas satu klem pada sisi radiator dan mulai membuka radiator fan, akan tetapi cara ini akan memberikan tekanan yang keras pada bagian melengkung selang saat ditekuk buat lewat kipas, yang bisa berakibat pecahnya selang.

Untuk membuka Radiator fan, mulailah dengan melepas keempat baut pengikat yang terletak 2 disisi atas dan 2 ( dua ) lagi pada sisi bawah memakai kunci ring ukuran 10 mm dengan terlebih dahulu melepaskan soket kabel .

 3. Persiapkan kipas yang baru, pisahkan kipas yang lama dari braket / dudukannya .

Pasang kipas baru pada dudukan yang lama . perhatikan posisi bushing ( ring karet ) , atau ring logam dan baut  pengikatnya.

Pastikan semuanya sudah disetel dengan tingkat kekerasan yang sama .

Selipkan kabel kipas kedalam klipnya agar terlihat rapi dan aman.

Pasang kembali kipas radiator dengan urutan kebalikannya.

Beri sealer secukupnya pada leher luar ujung radiator tempat masuk selang dan jangan pada bagian dalam ujung selang, karena akan menimbulkan penyumbatan saat sisa sealer terbawa masuk ke aliran air radiator.

Gnti selang radiator atas bilamana dipandang perlu. Ingat lebih baik keluar biaya sedikit mahal demi perawatan dan pencegahan dari pada keluar biaya banyak dan tak terduga saat terjadi kerusakan !.

 4. Singkirkan jauh-jauh bekas radiator fan yang rusak atau langsung saja buang ketempat sampah ( rejeki pemulung tuh..) karena barang ini not recomended buat diservis sendiri.

jangan bela-belain barang rongsokan untuk diservise tapi nantinya malah timbulkan masalah besar…

Estimasi biaya :

 1. Radiator cooling motor SEPHIA  baru merk = NSM 

Harga = Rp. 225.000,-

Baling-baling atawa blade 5 daon ( lupa dipotoin tersendiri )

Harga = Rp.  70.000,-

 Selang radiator atas asli timor 

Harga = Rp. 25.000,-

Sealer

Harga = Rp. 15.000,-

Total biaya =  Rp. 335.000,-  

               Embos merk pada motor radiator fan kw2 korea

Original posted by M@xBluduZ

About these ads

74 thoughts on “Mengganti Kipas Radiator Timor

  1. om sy punya s515i ’97… kemarin kena overheat gara daun kipasnya lepas .. lom sempat k bengkel.. kira kira bisa di pasang/d pake lagi gak?..aman gak?.. thank’s b4..

  2. om mao tanya.. kmaren timmy dohc ane sempet overhead gara2 fan motor radiator mati.. trus setelah d benerin normal lagi sih.. nah skarang air radiator ane kok berkurang terus pas di cek ada air netes di bagian bawah sebelah kiri dekat timng belt.. padahal sblm kjadian over head ga ada.. apakah bocornya dari waterpump yah om?? trus klo dibenerin / servis bsa ga ( d ganti sealnya )??? biaya brapa om n ada rekomen bengkel yang bagus ga ane di daeerah bekasi?? makasi sbelumnya..

    • bisa jadi itu efek dari over heat kemaren om..kalau cuma netes jarang coba dilapis sealer merah dari luar tanpa bongkar dulu..siapa tahu membantu..tapi kalo tetep netes ya apa boleh buat harus di bongkar ganti seal yang robek.
      untuk wilayah bekasi sy kurang paham om. coba cari kontak person disini http://www.kaskus.us/showthread.php?t=9860271 ada namanya moskie
      mudah-mudahan bisa membantu trimss..

  3. Om, di tempat box sekring timor dpan di antara tengah main relay dgn relay cooling fan, ada EGI MAIN, yg dimaksud EGI MAIN apa ya?

  4. OM,kok temperatur mesin timor dohc saya cpt bngt ya om naiknya..padahal mobil baru dinyalain sekitar 10 menit temperatur langsung naik om…itu apanya ya om..trs klo ada sparepart yg diganti apanya ya om..makasih om..

    • emang panas mesin sam,pai berapa om, udah lewat setengah kah ?
      Kalau normalnya sih setengah kurang dikit.
      Panas bisa disebabkan banyak hal:
      1. Silinder head melengkung
      2. extra fan tidak lancar atau tidak berputar sama sekali saat tercapai suhu 80 derajat.
      3. WTS , water temparature switch rusak.
      4. aer radiator sudah perlu ganti atau bahkan kurang .
      5. Saluran radiator sudah banyak kerak dan mampet.

      jadi saran saya mungkin perlu dicek satu satu dulu dengan teliti.

      makasih om telah sudi mampir..

      • keluhan sama diatas kemudian mobil di star tdk bisa spontan bunyi ngek,,ngekkk lalu bunyi kadang sama sekali tdk bisa bunyi apakah dinamao staternya.

  5. om,timor dohc tu kalaau di star agak susuah kadang kayak ada tendangan balik jadi di filter udara keluar asap trus tak star terus akirnya isa hidup kira-kira apa penyebabnya tanks.

    • Salam kenal om, kalau mencermati cerita sampeyan kayaknya ada pengapian gagal pada saat start. Pengkabutan bensin oleh injector diruang bakar sudah ada , karena sekali dua kali gagal maka konsentrasi uap bensin diruang bakar jadi pekat sehingga terjadi apa yang sampean sebut tendangan madun kearah filter saat start kesekian berhasil.

      Saya inget cerita seorang teman, Timmynya mengalami kasus serupa. Udah ganti busi empat, kabel busi udah ganti,injector udah cleaning, filterbensin baru, pompa bensin oke tapi masih saja penyakit belom sembuh. Secara kebetulan saat dia bersih bersih dan posisi kap mesin dibuka ada suara ” cret…cret ” waktu di start.Selidik punya selidik ternyata antara kabel output koil dan body ada lompatan / percikan api karena ada kotoran debu berminyak.

      Setelah dibersihkan stater jadi lancar dan tarikan juga enteng, kesimpulannya adalah sumber pengapian terganggu karena hubungan pendek antara output koil ke body. Nah sekarang tinggal sampean selidiki diantara yg disebutkan diatas mana yang paling dicurigai sebagai tersangkanya.

      Mudah-mudahan bisa membantu mas, makasih yo sudah mampir saran dan kritiknya ditunggu di makbluduz@yahoo.com.

      • Om kalau mau bli onderdil di tangerang yaang murah en lengkap dimana? Ane pnya mobil timor th 96 dinamo kipas radiatornya rusak mau ane ganti. Trus bengkel yang khusus timor ada ga om? Soalnya service karburator sebulaan dah 2 kali masih blm stabil rpmnyam Thx

      • coba ganti vacum idlenya utk ngatasi rpm yang blm stabil , kalau SO sih saya blm pernah belanja om, biasa yg rekomended harga sih di bintang juli atau serang jaya motor, atau kalau mau cari cabutan di babakan atau harapan sangiang.

        Postingan dinamo kipas di blog ini belinya di bintang juli waktu itu

        Thanks udah mampir

  6. om saya mau nanya kalo kipas mesinnya di langsungkan, ada efek sampinya gak krn kalo gak di langsungkan mesinnya cepat panas.??????

    • salam,
      Maksudnya dilangsungkan gimana om, apakah begitu kunci kontak “ON” kipas langsung muter atau gimana ?
      Kalau yang dimaksud dilangsungkan adalah seperti itu maka efek yang terjadi di segi kelistrikan adalah konsumsi arus listrik lebih besar apabila dibandingkan dengan yang normal.
      Hal ini sering menimbulkan masalah saat pertama start, dimana mustinya accu pada saat start hanya mensuply dinamo stater sekarang harus supply ke kipas juga, akibatnya kadang dinamo start tidak kuat buat starter karena arus yg masuk terbagi.
      Efek terhadap panas mesin justru harusnya lebih dingin karena kipas berputer terus , hanya saja ini mungkin akan terbaca sebagai temperatur belum tercapai karena suhu mesin lebih dingin. Hal ini akan menyebabkan misscalculated pada ECU yang berefek bbm lebih boros.

      Kenapa harus dilangsungin ? kenapa tidak dinormalin lagi ?

      thank udah mampir.

      • Nah kebetulan nih..lantas bagaimana cara mengembalikan ke standar biar kipas gk langsung muter? apa saja yg harus diperiksa?. Bagian mana yg harus disambung lagi? bagian apa yg musti dipasang lagi? dan seterusnya..

      • maksudnya harga 650rb itu ganti radiator yg baru ya om. om kasi saran dong cara biar si timy ga overhead lg. tks

      • ganti radiator baru ajah bang, trus perlu diperhatikan juga beberapa hal misalnya : putaran motor kipas masih kenceng tidak, Water temp. switch nya msh normal tidak, water pumpnya masih bagus tidak ?

  7. om, fan radiator timor ane waktu mesin hidup tidak berputar sama sekali tapi waktu ac di nyalakan fan mau berputar, jadi otomatis fan nya tidak bekerja.kira2 ada masalah dmn ya om?

    • bisa jadiWTS ( water temp.sensor ) atau relay nya, problem yg sering terjadi adalah kaki kaki relay yang gosong karena renggang, coba diselidiki dulu.
      Idealnya adalah tanpa menghidupkan AC fan bisa berputar otomatis saat tercapai suhu ideal

  8. maaf Gan…. ada pasien baru neeh…!
    keluhannya gara2 di service & dicabut semua slang vacuum..
    eeh…. akhirnya berantakan… gas ga mulus…
    mohon resepnya gan…. thanks

    • salam mas nana, apakah masalahnya timbul setelah perlakuan tindakan diatas ? kemaren ada kasus pada mobil SO gasnya ga bisa langsam setelah diselidiki ternyata ada selang vacum yang sudah sobek hampir tidak kelihatan, coba di ingat dan di periksa lagi siapa tahu ada yang terlewatkan dari pengamatan.

      thanks sudah mampir.

  9. om .. aq mo tanya. extra fan kl ac idup akan nyala trs atau otomatis berenti pd suhu tertentu. sbb timu sy kl ac idup ext fan ga mati2. kira2 normal ga ya.. dan kl nyala trs bukanny bikin boros bbm.. mohon solusinya tks..

    • Newbie coba jawab om :
      Extra fan AC, Cooling fan Radiator dan kompressor AC akan nyala bersamaan AC pada saat di -on dan akan mati apabila temperatur kabin sudah tercapai dan sesuai dengan settingan AC. coba perhatikan apakah kompressornya ikut nyala terus atau tidak. Seharusnya sih ada kalanya mereka berhenti bekerja kalau tidak berarti ada penyebab yang perlu diselidiki.

      Kondisi kabin sendiri juga bisa berpengaruh misalnya kabin yang terbuka atau tidak tertutup rapat. Sehingga temperatur akan sulit tercapai.
      Ngomong omong AC nya dingin khan ? Yang menyebabkan boros tidaknya bbm bukan berasal dari ke dua fan tersebut, karena fan tsb memakai tenaga battery selama arus pengisian dari alternator tidak bermasalah tdk perlu kawatir. Kerja dari kompressor yang bisa mengakibatkan bbm lebih boros bila dibandingkan dengan tidak memakai AC karena beban mesin bertambah.

      semoga membantu

    • mau nanya lg ni om.. timi sy jarang pake cuma weeken aj, tp tiap mlm dipanasin kira2 10menitan. yg mo sy tanya kl manasin apa ac boleh diidupin/ga? soalna kl ac idup rpm naik diatas1000 padahal timi br 2bln abis di tuneup. trmks

      • DO apa SO neh…hehehe…dalam kondisi tertentu mesin mobil tidak hanya memerlukan pemanasan dan mesin nyala saja tapi ibarat binatang peliharaan juga perlu diajak olah raga jalan jalan

        Banyak kasus terjadi pada teman teman yang mengeluhkan kenapa mobilnya sekarang semakin kolokan dan terus terusan minta jajan, setelah diselidiki ternyata mobil jarang dipakai jalan dan hanya sesekali saja dipanasi.

        Akhirnya ada yang knalpotnya keropos lalu putus , ada yang bearing rodanya jadi rusak, ada yang radiatornya jadi bocor alus dan lain lain.
        Pada kasus mas ferdi, saat manasin sah sah saja nyalain AC wong mobil mobil kita sendiri kok sapa yang mau protes..he..he..cuma usahakan bersabar sampai tercapai suhu ideal dulu. Untuk Timor jenid DO Rpm saat AC on adalah 1000 s/d 1200 dan rpm saat idle mustinya cuma sekitar 800-900.
        Perlu dicermati apakah saat AC on rpm jadi turun naik sendiri atau tidak, kalau memang demikian berarti ISC sudah kotor lagi perlu dibersihkan.

      • wah… trimakasi masukannya om. timi sy do th2000. cuma kl nunggu extrafan nyala lama ya sekitar 20mnt. dan jg sk kl ac nyala ada suara ngung2… sekali lg makasi masukkannya om

    • emang udah dilihat om ? kalau memang kejadiannya seperti itu berarti spie atau pasak as dinamo rotor kipas lepas sehingga tidak mengikat ke dalam lobang baling baling.. coba bongkar dulu dengan cara melepas dudukan kipas dan selang radiator atas atau ikuti yang udah diposting di blog.

      Trims udah mampir

  10. trimakasih mas bro…kebetulan dah tek bongkar,,ternyata cm baling-balingnya saja dan dah tek ganti,,harga 100rb,ori timor.jangan bosen-bosen ya mas bro,,,

      • pagi mas bro,,,nongol lagi nih,,,biar timy dibawa lembut dan nyaman,gmna tuh solusinya,padahal dah aku ganti sokbkernya,trs disaat CD dinyalain kok suara mesin masuk yah,,mksh mas bro,,

      • Pagi juga mas bro,
        Kalau menurut saya kenyamanan kendaraan adalah pada suspensi dan tarikan gas yang enteng pada rpm bawah sampai atas.
        Mengenai suspensi , Kalau masbro sudah ganti shock breaker tapi dirasa masih keras coba liat lagi karakter shockbreaker nya apakah spesifikasi cocok untuk timor, apakah orisinil atau gimana.
        Tarikan gas yg rata pada rpm atas bawah kuncinya terletak pada perawatan ISC, filrter angin, filter bensin, busi dan sensor sensor..lakukan servise berkala.
        Suara mesin yang masuk pe perangkat audio bisa diminimalisir dengan pemasangan kabel grounding ( post terdahulu ) ditambah rangkaian anti stooring..

        Thanks sudah mampir, mudah mudahan membantu.

  11. ya mas bro,trimakasih saran-sarannya,,kbtulan untuk audio dah tk bongkar dan udah beres,normal kembali.dan untuk kenyamanan/suspensi udah di ganti dengan original timor,msh rada terasa gemluduk,kurang meredam.oke trimakasih saran-saranya mas bro,jangan bosen-bosen ja mas bro,soale ni msh belajar.salam sejahtera dan sukses selalu.

  12. Pagi mas bro,sy punya timi 1997 DOHC ,Ada masalah di motor fan,udah di ganti semua,termasuk soket dan relay serta sekring nya,tetap saja kipas tidak mau berputar,kecuali jika AC di nyalakan,baru mau mutar,masalah ada di mana ya mas bro,makasih pencerahannya…

    • blm lama sy ngalamin hal yg sama dan ternyata cuma tiup relaynya, sama bersihin sensornya. semoga bener bos..

    • coba socket di sensor Atau WTS nya dilepas , apakah ada bunyi “cethek ” di relay fan yg ada di dlm fuse box tidak ? kalau ada dan kipas tetap tdk mau berputar kemungkinan wiring soket relay ada yg kendor atau angus. Cara beresin soket yang angus ini mengharuskan kita membongkar fuse box karenna hanya bisa dilepas dari arah bawah.

      Thanks

  13. Mas bro numpang parkir sy pnya timy D0 klo pm d atas 2000 ko seing brebet kehilangan tenaga. N kipas timor itu jalanya otoomatis nyala wkt d stater ap tunggu mesin ny panas?

    • Coba tune up dulu mas bro, Cleaning Distributor kit, cek kabel busi, Cek busi – busi, Cleaning TPS sama Throtlle kalau perlu ganti saringan udara yang sudah kotor juga cek perkabelan termasuk meliputi grounding system.

      Kipas Timor ? kalau yang dimaksud adalah radiator fan ini menyala saat tercapai temperature ideal dari mesin ( sekitar 80 derajat )..

      Thanks masbro sudah mampir , mudah mudahan membantu

  14. Boss, say beli timy SO dari baru 96, sampe skr msh OK, km baru 102 ribu, jarang pake. Ada masalah fan radiator tidak hidup walaupun mesin hidup sampe 30 menitan, tetapi extra fan ac nya langsung hidup sekitar 15 menit saat mesin ON. Saya caba kalo fan radiator tak langsungkan ke aki, hadup bagus. Mohon pendapat kira-kira apa penyebabnya. Thermo start dan thermo switch masih ori dari baru (belumpernah dibuka). Tks banyak atas bantuan infonya

    • Selamat ya om, pilihan om terhadap mobil timor sudah tepat..selain nyaman dan aman , mobil ini harganya juga terjanggkau dan yang pasti murah tapi bukan murahan.
      Masalah Radiator fan yang ngadat atau malah sudah dilangsungin adalah masalah yang sering terlewatkan saat seseorang baru membeli mobil timor. Sehingga suatu ketika dia baru sadar kalau fan radiatornya tidak normal setelah sekian lama sesudah membeli mobil.
      Mustinya saat mesin on-pun extrafan AC tidak akan hidup kalau AC tidak di on. Extra fan AC akan hidup bersamaan dengan radiator fan bila AC sudah di-On.
      Coba cek sekali lagi jalur kelistrikan dari WTS –> Relay FAn –> Fuse –> ke socket radiator fan.
      wmudah mudahan membantu yah om..
      Trims sudah mampir

  15. om, nek timor ku SO, kipas ac langsung hidup saat kontak on, trus extra vannya mati kapanpun, saat dingin maupun panas. kemarin tak bongkar exvannya. trus tak tes pake multitester digital ( Volt Dc ) arus 9,5 Volt. lalu q cek dinamonya ( Ohm ) ternyata not respond. Nek pas AC q nyalain, Thermo langsung naik. itu dinamo extra van radiatornya mati atau gimana om, trims atas petunjuknya.

    • salam timor mas azizun, salam kenal.
      YAng langsung hidup saat kontak ON itu kipas radiator apa AC ? setahu saya Kipas AC hanya hidup saat AC di-on, hidup bersamaan kipas radiator.
      Pengukuran dgn voltmeter digital sudah meunjukkan hasil akurat yaitu 9.5 volt. Saya rasa saat melakukan pengukuran anda tidah=k melepas soket ke arah kipas jadi kemungkinan ada tegangan drop dari 12 vdc ke 9.5 vdc karena ada sesuatu di kipas.

      Sesuatu itu bisa rotor macet atau lilitan short.
      Intinya tolong dicermati saja : saat kunci kontak ON , kipas radiator belum berputar sampai nanti mesin nyala dan temperature kerja mesin tercapai ( jarum setengah kurang dikit ).
      Kipas AC hanya berputar saat Switch AC pada posisi ON ( AC hidup ) bersamaan itu pula kipas radiator ikut berputar meski temperatur kerja belom tercapai.

      mudah-mudahan bisa membantu.
      thanks sudah mampir

    • Musti di periksa satu satu m antara kabel kabel yang berkaitan dengan wts, relay unit sampai ke radiator fan..sehingga di ketahui secara persis dimana permasalahannya.
      Apakah wts mati, apakah relay unit yang gosong ( mati ) atau sebab yang lain.
      Bisa juga dengan menambah rangkaian driver tambahan kalau memang perkabelan aslinya sudah susah di benahi.

      makasih om sudah mampir.

    • maaf om, baru bisa jawab neh..saya tidak jualan lho..heheheh dan bukan penjual, tapi om bisa saja search di google atau di facebook ada kok toko online yg jual part timor.
      sekali lagi mohon maaf semoga bisa membantu.

  16. om..mau tanya,cara membuka motor fan ac(extra fan ac) gimana ya, rencana mau ganti sendiri coz dah lemah, masih nyala kalau disenggol :-)
    kirim ke email aja om….

    • Mengganti motor fan sebetulnya mudah tinggal membuka baut pengikat motor ke frame dengan terlebih dahulu melepas bladenya.
      Hanya masalahnya terletak pada bagaimana cara melepas extra fan dari dudukannya tanpa ribet membongkar bemper.
      Pertama buka cover gril ( warna item ) baru grilnya. Tanpa membongkar bemper memang agak sulit tapi bisa, hanya diperlukan ketekunan dan kreativitas dalam memakai alat kerja. Siapkan kunci T 10 mm ,kunci ring 10 mm dan .

      thanks sudah mampir

      • Saya baru pnya timor 97 jns dohc om..dan ada masalah di fuce box yg deket aki ada 2 skring terbakar (skring cooling fan 40Akotak, sama yg 10A pipih) kondisinya skrg ga bisa hidup mblnya, remote mati, distart ga bisa krna lampu indikator pd saat start pun tdk nyala, sebelumnya mbl saat dpakai jalan sempat mati dan susah dstart smpe aki pun jdi lemah, akhirnya bs hdup dgn cr didorong, kemudian bisa jalan smpe dirumah mbl sy matikan, pd saat itu ada tetesan air radiator keluar terlihat dri bwh ban dpn persisnya dbwh aki, sy buka tu2p radiator stlah msin agk dingin, terlihat berkurang kira2 1gelas air minum sj sy tmbh air coolantnya sdh penuh lgi..tpi stlah sy mw start dri situ mbl seperti mati mendadak. Mhn pencerahannya om, trims.

      • Kalau fuse cooling fannya belum dibersihkan berarti coolingfan tdk berfungsi dong?
        Ini bisa mengakibatkan overheat saat mesin bekerja lho om.
        Coba dipastikan setelah mobil berjalan agak lama di sekitar depan accu atau tepatnya di water expansion tube nya apakah ada suara ” kemluthuk ” seperti air mendidih?
        Kalau iya ini berarti air dari radiator berekspansi ke tabung pengisian tadi karena sdh melampaui titik didih air.
        Ini yang tidak boleh terjadi.
        Coba masalah sekringnya diselesaikan dulu om biar elektriknya normal.
        Perlu juga sesekali waktu mobil diangkat di tempat cucian Coba diperiksa apakah ada celah bocor diantara sambungan selang radiator.
        Selamat mencoba om,sekali lagi ini tidak bermaksud menggurui cuma share pengalaman yg pernah saya alami dulu.
        Trims sdh mampir

      • slmat mlm..om, maaf sblumnya sy bnyak tanya tentang mslah suhu mesin mbl timor (dohc) sy yg sangat panas, padahal bisa dibilang jarak tempuh tidak smpai ratusan kilo, dan AC saya hidupkan selama perjalanan, ac tetap terasa dingin, setelah smpai dirumah sy buka kap mobil terdengar suara seperi air mendidih (gmelutuk) didalam tabung radiator dan tabung plastik yg didekat fusebox..kira2 apa yg perlu sy perhatikan, agar suhu mesin mbl kembali normal. mhn petunjuknya om…terima kasih.

      • Bunyi gemlutuk disebabkan karena air coolant yang mendidih .
        Penyebabnya mungkin kipas radiator tidak berputar sempurna atau tidak berputar sama sekali saat WTS “on”.
        cek kelistrikan terkait masalah ini.
        Barengin dengan service radiator .

        Fusebox yang mudah leleh bisa disebabkan soket yang kendor.

        trims ya om sudah mampir

      • bang mohon petunjuk timor doch tahun 1997.posisi mobil jalan,setiap injak kopling untuk pergantian rotasi gigi besar ke gigi kecil mesin selalu mati…kira2 apanya itu bang mohon peneranganya…..bang

      • Coba setelan ISC diperhatikan, apakah berubah karena baut kendor.
        INi bisa disebabkan problem pengapian tyang kurang sempurna juga om.
        cek jalur dari kabel koil sampai ke busi.

        thanks

  17. kenapa kipas radiator berdengung—ngungggggggggg- keras banget ya om. bagaimana cara ngilanginnya ato nguranginya om. timi ane do/2000 om. tolongin ya om…berisik rasanya….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s