Merubah tampilan panel AC jadi lebih “hidup”

Pagi ini , rencana  penggantian sekaligus modifikasi doorswitch kanan depan yang udah rusak hampir sebulan karena gosong.Sedang bahannya , doorswitch baru, udah ada dari 2 minggu yanglalu dibeliin ama om congkil ( thank…).

Doorswitch dipasang seperti kondisi semula cuma ada sedikit modifikasi di bagian input diberi satu kabel lagi untuk triger lampu kolong atau asesoris yang berkaitan dengan buka – tutup pintu.

Pekerjaan selesai tidak lebih dari satu jam, iseng iseng karena kepalang tanggung peralatan yang terlanjur berantakan maka sasaran oprek  berikutnya adalah panel AC .

Bagian ini mempunyai fasilitas penerangan atau dim light yang hidup bersamaan dengan lampu senja, pada bawaan asli intensitas cahaya saya rasa sangat kurang ( atau karena umur kali ya ) maka saya berencana modifikasi bagian ini.

Alat – alat yang diperlukan:

  1. Solder dan timah.
  2. Obeng Plus 6 inch.
  3. Lampu led dan pcb.

Pertama tama buka head unit beserta laci di bawahnya. buka kedua buah baut dibalik laci yang sudah terbuka tadi baru
conkil…ehh…congkel panel penutup.

Setelah panel penutup terbuka nampak 4 baut pengunci pada keempat sisi panel ac, buka semuanya jangan lupa soket kabel dan wirerope  3 biji yang menggerakkan damper pada blower unit..

Buka cover panel depan dengan cara menconkel pake obengminus. Lepas soket lampu atas dan bawah.

Panel AC setelah di bongkar

 

Pekerjaan berikutnya adalah merakit lampu led sebagai sumber cahaya baru, disini saya memakai masing-masing 6 buah  supaya didapat tingkat pencahayaan yang sedang , terang tapi tidak menyilaukan.

Penampakan LED

 

Setelah selesai , pasang masing masing pada bekas lubang lampu asli tetapi dari arah dalam. Sambungkan rangkaian dengan input teganggan yang berasal dari salah satu kabel lampu yang tadi dilepas. Pasang kembali cover depan panel coba terlebih dahulu dengan adaptor 12 vdc untuk memastikan rangkaian telah bekerja sesuai harapan kita.

Setelah itu pasang dan rakit kembali panel ac dengan urutan terbalik dari cara membuka diatas. Hidupkan lampu senja dan  lihat perbedaannya sekarang.

Penampakan Panel setelah modifikasi

 

Tips:

  • Pastikan memasang wirerope kembali dengan tepat agar fungsi knop pengaturan damper normal.
  • Cek kinerja headunit setelah dipasang kembali , jangan sampai Panel AC terangbenderang tapi head unit malah modar.
  • cek juga lighter jack, apakah bisa berfungsi lagi.

Demikian tulisan ini disajikan sekedar  buah keisengan dan bukan bermaksud menggurui , saya tunggu koment om dan agan semua.

Special thanks to Mr Congkil yg udah ngasih doorswitch baru gress..

< Next Project ” How Make Odemeter Glowingup ” >

16 thoughts on “Merubah tampilan panel AC jadi lebih “hidup”

  1. Om… tolong tampilin dong foto2 pas congkil..eh congkel2an nya, soalnya takut salah congkel…kan berabe.. trs tampilin juga dong foto pas masang2ing lagi kabel2 ke head unit, lighter jack dan kawan2nya, soalnya ane blm pernah ngoprek2 sndrian, klo ada foto2 nya kan bisa lebih terarah…(cieee…kyk pidato spy yak…he he he he) tengkyu om sebelum nya…

  2. makasi om infonya neh, BTW buat artikel ttg benerin panel ac nya dong om…soalnya punya ane udah patah nih kisi2nya, rencana mo ganti wood panel tapi kalo ada ane lagi cari info yang jual untuk non wood om

  3. om ane mau pasang dong om..lokasi ane di ciledug tangerang.. emailnya kok offline om? bisanya kontak kemana om? kalo bersedia ngajarin saya seneng banget om..

  4. salam kenal om,
    ane lg coba nih ilmunya cos kebetulan lampu panel ac timi ane mati, tp ane mentok sampe buka baut di panel ac nya. panel ac nya gak bisa ditarik keluar om kalau boleh rincian cara cabut soket sama wirerobenya gimana dan dimana letaknya?

Leave a Reply

