Mengenai Nomer rangka dan nomer mesin

Jadi keingetan beberapa bulan yg lalu saat mau bayarin siputih.

Waktu itu saya lagi cek dan ricek keaslian dokumen dan fisik kendaraan…

Semua sudah oke tidak ada yang bermasalah, tapi satu hal yang saat itu masih bingung.

Nomer mesin.

Ya..dmana letak nomer mesin timor?

Kurangnya pengalaman mengenai mobil timor membuat saya kesulitan mencari letak nomer mesin.

Parahnya lagi, yang jual pun juga ga kalah bego. DIa juga ga ngerti sama sekali letaknya..asal make saja kali.

Alhasil, terjadi kesepakatan setelah tawar menawar harga .

Dibawah kuitansi pembayaran tertulis=

” Transaksi Jual beli ini akan dibatalkan dan uang tunai akan dikembalikan utuh bilamana dikemudian hari tidak ditemukan yang namanya nomer mesin”

ttd

(yg jual mobil)

Setelah dibayar akhirnya siputih pindah tangan.

Saatnya mencari letak nomer mesin, agar hemat waktu akhirnya tanya sana — sini dan ketemulah lokasinya dan cocok dengan yang ada di dokumen.

Four Your Informasi:

Nomer Rangka Timor :
DOHC = KNAFA3232Vxxxxxx
SOHC = KNAFA3212Vxxxxxx
Ket= Nomor Rangka MHZRSxxxxxxxxxx adalah produksi Lokal.

Nomor Mesin : B5 xxxxx (SOHC & DOHC)
Passtikan nomor Rangka & Nomor MESIN SESUAI DENGAN STNK / BPKB..

Tahun Pembuatan TImor ( STNK ):
SOHC = Sejak thn 1996
DOHC = Sejak thn 1997
> Tahun Perakitan Terakhir (STNK) = 2004
> Tahun Pembelian Terakhir (BPKB) = 2008

10 thoughts on “Mengenai Nomer rangka dan nomer mesin

  1. Pantesan wingi petugase gowo kunci disik pas mau esek2 nomer mesine.., oo dibawah isc to?? nek ngak buka belalai gajah isoh gak?

  2. TIMOR SAYA HURUF B SAMA ANGKA 5 NYA GA JELAS,,AKHIRNYA PAS MAU MUTASI HARUS MINTA CEK FISIK BANTUAN KE POLDA…SAYA MAU NANYA, APAKAH SEMUA NOMER MESIN TIIMOR TIPIS YA? TRIMS

  3. maaf om karna sedikitnnya pengetahuan tentang mobil saya mau naya ne..kalo rangka timor bisa dicopot dan dipindahkn kemobil timor lain kira2 bisa gak om coz bpkb saya hilang dan rencana mau saya kanibal ketimor temen.trmksh

    • Bisa aja asal mesin yang dikanibal tetap tidak dijual, buat digesek. Masalahnya adalah kalau tabrakan atau ada pencurian, nomor mesinnya kan dak sama dengan BPKBnya. Lagian mau memperpanjang, kalau di Jakarta tanpa KTP Asli kan dak bisa, kalau di kota lain melalui biro jasa tentu saja bisa, bahkan tanpa BPKBpun setahu saya bisa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s