Manfaatkan Pernik Rumah Tangga untuk Keadaan Darurat Mobil Anda!

Manfaat Pernik Rumah Tangga untuk Mobil

Jakarta – Merawat besutan kesayangan, sejatinya dilakukan ke bengkel langganan. Semua kebutuhan untuk maintanance mobil tersedia lengkap. Hanya saja, terkadang banyak hal tak terduga terjadi saat mobil berada di rumah.

Semisal bau kabin tak sedap karena semalam si buyung ‘jackpot’ di bangku belakang karena mabuk darat atau barisan semut yang sedang antri di center console karena lupa membuang bungkus permen atau makanan.

Kalau sudah begini, mau tak mau harus ada penanganan segera agar kondisi mobil kembali ‘waras’. Bila perlu gunakan material yang ada di dalam rumah seperti kopi bubuk, minyak goreng, sabun batangan atau kapur ajaib untuk mengusir semut atau kecoa.

Sepintas terlihat sepele, tetapi ternyata manfaatnya sangat besar. Untuk kondisi tertentu, bisa mencegah komponen mobil agar tak rusak parah. Terbayangkah, power steering Anda bisa selamat karena setengah botol minyak goreng dari rak dapur? Atau bensin tak terbuang percuma karena tangki sempat ditambal sabun


Kapur anti semut (kiri) Body lotion (kanan)

KAPUR ANTISEMUT
Lazim dipakai mengusir semut yang kerap menggerayangi dapur atau meja makan. Hal ini karena semut mencium makanan. Bila hal ini terjadi di kabin mobil, lakukan penanganan yang sama.

Goreskan kapur tadi ke bagian mobil yang menjadi jalur masuk semut ke dalam kabin. Biasanya di bagian lisplang atau sekitar konsol tengah. Selain menghalau semut, juga efektif untuk kecoa.

BODY LOTION
Silicon oil diandalkan sebagai pengilap dasbor atau karet karena sifatnya yang glossy. Bila dalam kondisi tertentu perlu cairan pengilap, bisa gunakan body lotion sebagai pengganti silicon oil.

Selain memiliki sifat yang sama sebagai pengilap, body lotion dilengkapi pelembab yang berguna untuk melenturkan material dasbor atau karet-karet yang mulai mengeras.

SABUN CUCI PIRING
Musim hujan seperti sekarang, air biasa untuk cairan wiper jelas kurang mumpuni. Tetapi kalau cairan pembersih wiper lagi out of stock, apa boleh buat. Intip saja sabun cuci piring cair yang ada di wastafel.

Sabun cair dengan konsentrat tinggi seperti Mama Lemon atau Sunlight mampu mengusir lemak sisa makanan karena mengandung bahan aktif dari ekstrak jeruk. Artinya, bisa juga untuk mengusir kotoran seperti debu, tanah atau asap solar yang menempel di kaca depan.

Tetapi pastikan sabun cuci piring yang ada di rumah dalam bentuk cair bukan dalam bentuk gel, karena nanti akan sulit larut di dalam air.


Sabun cuci piring (Kiri) Minyak kayu putih (kanan)

MINYAK KAYU PUTIH
Jangan kira minyak kayu putih hanya manjur untuk menghangatkan badan. Lebih dari itu, sifat cairan ini mampu untuk menghilangkan noda ringan akibat aspal/ter atau bekas lem stiker.

Cukup tuangkan minyak kayu putih ke kain dan gosokkan di atas permukaan bodi atau kaca yang ternoda sisa lem stiker. Dalam hitungan menit, bekas lem tadi akan terangkat dan selebihnya bisa dicuci dengan sabun.

Cara ini banyak dipakai komunitas atau klub yang banyak menempelkan stiker klub. “Untuk sisa lem di permukaan kaca bisa bantu dengan cutter,” terang M. Arief dari Indonesian Starlet Club.

SABUN BATANGAN
Cara lama yang dianggap ampuh sampai hari ini. Kebocoran bahan bakar dari tangki bensin yang keropos atau terbentur benda tajam sangat menyebalkan. Bila dibiarkan jelas berbahaya karena bau yang menyengat dan bensin yang tercecer di lantai garasi.

Segera ambil sabun batangan, potong menjadi bagian yang lebih kecil untuk kemudian ditempelkan pada permukaan tangki yang berlubang tadi. Dala hitungan detik, bensin tak lagi menetes atau rembes.

Sifat kimia sabun akan bereaksi saat terkena bensin dan berubah fungsi menjadi semacam lem atau perekat. “Jelas hal ini untuk sementara saja, karena tangki harus segera diperbaiki atau diganti,” tutur David Ahie dari Top Speed Motor di Kedoya, Jakbar.


Sabun batangan (kiri) Minyak goreng (kanan)

MINYAK GORENG
Kondisi darurat bisa selalu terjadi. Power steering jenis hidraulis sangat mungkin bocor atau rembes. Bila volume oli berkurang secara drastis segera larikan ke bengkel spesialis.

Tetapi untuk bisa sampai kesana tanpa merusak power steering, tak ada salahnya menambah volume pelumas menggunakan minyak goreng yang ada di rak dapur. Terlebih bila minyak power steering benar-benar kosong.

“Secara teknis memang tidak disarankan, tetapi kalau sudah darurat apa boleh buat agar rotor blade tidak aus,” jelas  Rahmat, spesialis power Steering di bilangan Ciputat, Tangerang.

KOPI BUBUK
Terbilang tradisional namun ampuh untuk mengusir bau tidak sedap di dalam kabin. Sifat kopi yang bisa menyerap bau ini, banyak diandalkan untuk menghilangkan bau apek (lembab), amis hingga residu makanan keluar dari dalam perut (muntahan).

Caranya juga sangat sederhana, ambil kopi bubuk secukupnya dan tuangkan ke piring kecil. Letakkan kopi tadi di atas karpet mobil dan diamkan semalaman. Niscaya bau tak sedap akan hilang dan berganti dengan wangi kopi.

“Saya pernah bawa ikan dan udang di mobil dan baunya berangsur hilang setelah semalaman dinetralisir dengan kopi bubuk,” jelas Dewa Arthur dari Holden Indonesia.

sumber : (mobil.otomotifnet.com)

 

4 thoughts on “Manfaatkan Pernik Rumah Tangga untuk Keadaan Darurat Mobil Anda!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s