Oprek Lampu LED

Minggu 22 mei 2011.

Bertempat di redaksi parkirantimor, hari itu kedatangan tiga timor keren.

Acara hari itu pemasangan lampu kolong dashboard dan penggantian doomlight ( lampu kabin ) konvensional dengan rangkaian LED 24 titik. Seperti kita tahu bahwa LED mempunyai sinar yang lebih putih ( jenis yg dipakai super bright putih ) dibanding bohlam aselinya.

Disamping itu led juga mempunyai disipasi daya yang rendah sehingga tidak menimbulkan panas meski dihidupkan dalam waktu yang lama,. Keunggulan yang utama adalah konsumsi arus yang sangat kecil sehingga tidak membuat aki tekor.

Rangkaian LED yang akan dipasang

Para antrian

Proses pemasangan dijagain Paspampres

Led Kabin

Kabin Whitesnake Real Sunroof

LED kolong

Led kolong dashboard  dimalem hari.

( Perhatikan sinar bias Doomlight LED nya )

Efek bias Doomlight LED

Led kolong, Doomlight Led, satu lagi Onepiece HID 55 watt + projector

Bahan yang dipergunakan adalah LED super white sebanyak 24 buah yang dirangkai dalam papan circuit ukuran 5 cm x 7 cm.

Harga Led di pasaran toko elektronik sekitar Rp. 2000,-

berikut spesifikasi dari led :

Selamat mencoba.

( original posted by m@kbluduz

26 thoughts on “Oprek Lampu LED

  1. om, lampu roof lamp (lampu yang diatas) timor ane gk bsa nyala, kira2 apa yg salah ya om?
    thanks perhatiannya om

    • roof lamp atgawa lampu kabin atawa bahasa kerennya doom light…he..he…bohlamnya putus gak? coba test dgn ohm meter dulu. Kalau ga ada alat test coba tuker ke lp bagasi kadang meski filamen bohlam kelihatan bagus dan tidak putus tapi ujung solderan sering retak hal ini yg menyebabkan lampu tewas.
      Ukur juga tegangan yg masuk ke soket atau fiting lampu apakah ada 12 volt disana.

  2. om itu lampu LED kolong disambung kemana ya?biar tetep irit accu. kalo disambung ke usb tape bisa juga kan?

    • lah . . usb tape khan juga dari accu om..Led kolong ini pake supply tegangan 12 volt, jadi ambil positipnya dari titik positip yang ada di fire wall dan negatip nya ngikut ke door switch.
      Cara kerjanya begitu pintu dibuka mereka nyala , dan mati saat pintu ditutup.

  3. om, pakai resistor ukuran berapa tuh untuk 4 lampu led… tolong gambar skema rangkaiannya donk. tks

    • Led warna putih pake resistor 1 ohm , 1/4 watt ajah om..ga perlu digambar lah gambar saya jelek.he..he..om pasti tau lah rangkaian seri atau berderet.
      Thaks udah mampir.

      • satu lagi masalah ane agak nyimpang sih dari topik. om… pada kaca depan bagian atas kalau hujan air seringnetes masuk kedalam kabin…. gimana nih cara ngatasinnya. mohon pencerahannya. mks

      • kemungkinan ada seal lis kaca yang udah retak / getas karena umur om..coba bawa ke tukang kaca untuk disevis lisnya, biasanya mereka akan bongkar dulu trus kalau memang lis masih bisa dipakai hanya di tambahin sealer baru setelah sealer yang lama dibersihin.

        atau kalau mau do it your self, coba aja lapisin dengan sealer warna clear ( bening ) tipis saja dari arah luar . Tapi jangan lupa untuk daerah yg tidak boleh kena sealer coba di lapisi dulu dengan isolasi kertas ( masking tape ) biar tidak belepotan.

  4. om, kalau mau pasang lampu kolong itu kabelnya ambil dari mana ya… maunya sih ikut lampu kabin… tks

    • berarti dari lampu kabin dong om , mudah kan..he..he.. tapi saya pribadi ambil negatif lampu dari door switch dan kutup positip lampu mendapat tegangan standby 12 volts dc, sehingga lampu hanya menyala saat pintu dibuka saja. oke om..

  5. Yang mau saya tanya dimana ya letak door switch mobil timor? Kalo yang berfungsi cuma satu pintu aja kira-kira dimana persoalannya? thanks jawabannya.

    • Door switch pintu semuanya tertanam di bagian body dan tertekan saat daun pintu tertutup. Prinsipnya adalah begitu tertekan switch ini akan meneruskan tegangan negatif dari lampu ( tegangan positip stanby ) menuju ke body mobil sehingga lampu bisa nyala.

      Fungsi ini akan terganggu apabila ada suatu hambatan misalnya banyaknya kotoran yg menumpuk didalam rumah switch itu sendiri atau terlepasnya soket kabel, pada kasus om ini tinggal periksa kondisi swict yang mati.
      Letak switch pintu belakang ada di lengkungan body sejajar lengan apabila ada penumpang disana, sedang pintu depan hampir sejajar dengan sudut bawah daun pintunya sendiri.

      trima kasih sudah mampir

  6. mau tanya kalo lampu led dipasang di kolong mobil kabel negatif di sambung kemana dan kabelk positif disambung kemana om kalo dapat nyalanya seiringan dengan lampu seri

  7. Boss Bluduz… nanya dong… untuk pasang onepice lampu depan, bahan apa saja yg mesti di sediakan selain batok lampu onepice… sorry … mampir gak kulonuwun.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s