Ilusi Optik pada kaca spion tengah

Pernahkah anda berkendara di malam hari dan merasa silau akan  pantulan lampu dari spion tengah yang berasal dari kendaraan dibelakang kita. Mungkin kita akan melakukan beberapa hal untuk mengatasi hal ini: Berpindah jalur dan meninggalkan kendaraan sumber lampu tadi, memberi isyarat dengan tangan agar kendaraan tadi mematikan lampu jauhnya, atau memindahkan fungsi spion tengah dari pandangan siang ke pandangan malam.

 

 

 

Apa yang terjadi saat kita memindahkan tuas siang/ malam pada spion tengah dari siang ke malam atau sebaliknya..?

Bukan hanya Damien saja yang bisa melakukan ilusi, tapi mobil kita tanpa kita sadari sudah ada fasilitas yang bekerja menurut teori ilusi optis.

Sudut pantulan spion akan berubah lebih rendah dari pada semula saat tuas siang dipindah kemalam, sehingga pantulan dari lampu dibelakang tidak diperoleh dari sumber asli lampu tersebut tapi berasal dari pembiasan  kaca belakang baru  diteruskan ke spion sehingga intensitas cahaya yang dihasilkan olehspion leebih rendah dan menghasilkan bayangan yang tidak menyilaukan.

Kalau kita lupa memindahkan posisi malam ini, maka di siang hari kita hanya melihat pantulan bayangan jok belakang dan tidak bisa melihat situasi dibelakang mobil..nah aneh kan padahal semalem yang lalu dengan posisi yang sama kita bisa melihat pandangan kendaraan ( situasi )  di belakang mobil dengan jelas.

 

One thought on “Ilusi Optik pada kaca spion tengah

  1. om// rumah kipas radiator timor doch
    saya amburadul… cari baru/secend susah kira2 ada gk yg cocok punya jenis mobil lain

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s