Waspadai Fuel pump

just sharing=

> jangan biarkan isinya kurang dari 1/4 tangki.
> jangan biarkan parkir dalam posisi miring dimana bensin pas-pasan.
> jangan isi bensin dari pompa bensin yg meragukan .
> lakukan pembersihan dengan cara kuras tanki, dan cleaning filterFP.
> kalau terpaksa akan parkir dalam waktu lama isi dengan full tank …sapa taw besok bensin jadi langka dipasaran..saya selalu isi full bila mau parkir lama.

 

lobang letak fuel pump.

waspadalaahh….
waspadalahh…

Fuelpump unit setelah diangkat

Fuelpump terpisah dari floatlesss level sensor

( foto diambil sekitar bulan puasa tahun lalu ( 2010 )  saat Fuelpump ngadat setelah mengalami kondisi 3 item diatas…terpaksa acara tarawehan berganti “bongkar FP”dari buka ampe sahur…paginya dikantor tiduuuuur.. )

24 thoughts on “Waspadai Fuel pump

  1. permisi nih om,mau tanya tentang fuel pump,tapi agak keluar dari tme dikit sih.hehe
    saya baru aja ganti fuel pump.. udah sekitar sebulanan,tapi kok setelah seminggu ganti fuel pump,dari jok belakang tu bau bensin pekat banget,sampe sekarang saya memang belom sempet ngecek. itu bocornya dari mana ya om?terus apakah bakal bikiin boros bahan bakar??
    mo tanya lagi (maap banyak tanya,maklum newbie,hehe),emang kalo saya parkir tu dalam kondisi miring,bensin juga jarang lebih dari sepermpat,itu efeknya kemana ya om ya??

    • HAlo om, coba bantu jawab yah,
      Bau pekat bensin bisa saja berasal dari pemasangan klem selang yang tidak kencang atau ada ujung slang yang bocor..ingat sebulan yg lalu pernah ganti FP khan mungkin saja pemasangan belum semburna..

      coba angkat ( buka ) jok belakang dan periksa semua sambungan selang termasuk kemungkinan adanya ujung selang pecah atau retak.
      Cek juga apakah “O – Ring ” atau gasket pencegah kebocoran antara bibir dalam Rumah dudukan FP dengan tepi luar lobang tangki ada yang sobek atau baut pengikat ada yang kendor.

      JANGAN BIARKAN HAL INI BERLARUT ..BAHAYA LOH ..rembesan bensin yang bertambahbanyak akan menimbulkan kebakaran bila terjadi percikan api..

      Bensin kurang dari seperempat berarti badan FP tidak terrendam bensin dengan sempurna, ingat fungsi bensin terhadap kendaraan memang sebagai bahan bakar , tapi bensin punya fungsi berbeda terhadap FP sendiri yaitu sebagai pelumasan dan pendingin.

  2. om, maksudnya dengan parkir miring gmn..?
    bannya yang miring ato seluruh posisi mobilnya yang miring..
    coozz..slama ini sy parkir si timmy miring, menyesuaikan dengan garasi rumah..

    thanks om..

    • Maksudnya miring ke depan alias nungging atau miring kesamping dengan kondisi bensin kurang dari seperempat di indikator dalam waktu yang lama ( mobil jarang dipakai ).
      Karena dalam kondisi seperti ini, Fuel pump bisa saja akan kekeringan karena tidak terendam bensin dengan sempurna sehingga bisa mengalami kemacetan

      Laen halnya bila isi bensin didalam tangki lebih dari seperempat.

      • timmy sy parkirnya miring ke kiri om, karena menyesuaikan posisi garasi rumah.
        itu gmn om..? apa berbahaya..?

        thanks om..

      • Bahaya secara significant terhadap fuel pump mungkin bisa dihindari dengan menjaga volume bensin didalam tangki jangan kurang dari seperempat.
        Kalau memang posisi parkir seperti ini tidak bisa dihindari masih bisa kita siasati dengan melakukan perubahan posisi secara berkala.
        Misalnya 2 hari menghadap ke belakang, dua hari berikutnya ke depan begitu seterusnya.
        Hal ini untuk mencegah beban tak seimbang yang diterima oleh komponen kaki kaki mobil ( shock absorber, karet karet, balljoint dll ) antara sisi sebelah kiri dengan kanan.

  3. om mau tanya soal FP, timy saya kalo jln luar kota di siang terik mesinnya kok mati sendiri ya? susah distater krn panas (mgkin)…tggu sekitar 10 menit stater nyala lg, awalnya saya curiga sm koil, udah ganti koil eh masalah tetap aja muncul, apakah mslhnya di FPnya? ciri2 FP udh mulai lemah gmn ya om? katanya kalo mesin n bodi FP nya kepanasan dia bs mati sndiri, bnr gak om? trs kalo hrs ganti FP hrganya brpaan ya yg merk denso? makasih buat jwbnnya om….

    • Sudah dipastikan belom om kalao saat tidak mau stater pompa bensinnya benar benar tidak berputar?. Coba pastikan sekalilagi dengan mencermati kebiasaan dan perilaku mobil . Pada saat awal start , saat kunci kontak kita posisikan dari “ACC” ke ” ON ” ( sebelum stater ) pompa akan mendapatkan suply tegangan selama beberapa detik. Ini fungsinya untuk mengisi ruang bakar dengan kabut bensin sebagai modal awal pembakaran. Biasanya akan terdengar bunyi ” ngiiiiiing ” dari arah bawah jok passenger tanda pompa bensin bekerja.

      Kalau memang tidak demikian adanya berarti memang pompa bensin sudah lemah segera saja diganti. Tapi kalau saat susah stater masih ada bunyi spt itu dan saat selang di output fuel filter juga keluar bensin kencang, masalah ada di sisitem kelistrikan.

      Coba lengkapi dengan system grounding.

      • bunyi ‘ngiiing’ sih masih ada om,grounding jg udah terpasang, koil br bbrp bln yg lalu diganti, makanya ane ragu sm fp nya,dulu wkt baru boyong ni mobil jalan dikit mati (walau kondisi mesin dingin), udh diganti relay engine kaki 5,malah kedudukannya udah dipisahin dr fuseboxnya, alhamdulilah normal kembali, tp skrg kalo jln keluar kota n kondisi panas terik aja yg mati, tp kalo jln mlm atau pagi hari gak mati mesinnya…hadeeh…bingung om…

      • Satu satunya cara jitu mengetahui kerusakan adalah saat mobil bener bener tidak mau stater.Untuk memastikan fuel pump masih bekerja, cabut selang output filter bensin dan tahan pakai kain lap karena kalau fuel pump bekerja lobang ini akan menyembur bensin kencang. Sebetulnya ada standar tekanan yang musti dihasilkan dan bisa diukur memakai pressure meter di bengkel bengkel yang besar.

        Kalau bensin masih nyembur kencang berarti kecurigaan thd FP gugur.

        Mnrt pengalaman saya, sesuai artikel diatas FP Si-putih waktu itu bener bener mati karena kehabisan bensin dan parkir lebih dari 3 hari. Tapi alhamdulillah setelah diangkat dan dibersihkan diatas sampai sekarang masih lancar dan blm bermasalah.

  4. om, kalo FPnya masih ok dia masih nyembur kenceng (kalo kita lepas selang filter bensin) walaupun mesin dlm keadaan mati n kunci kontak dlm keadaan off, bener gak om? timy ane kalo mesin mati dia emg gak nyembur sama sekali, trs wkt saya starter dia nyembur kira2 sejengkal jari lah..kira2 gmn kondisi fp saya ya? sory om byk nanya nih,hehe…

    • Mesin mati FP tidak akan bekerja dong, secara logika khan ECU tidak memberi perintah supply bahan bakar. Kecuali Saat pertama kunci kontak “On” sesaat FP akan bekerja seperti yg biasa terjadi saat kita mau starter pertama. Kalau masih bisa nyembur berarti masih oke.

      Coba saat mobil tidak mau stater periksa output dari coil apakah ada api tidak.

  5. hadeeh…makin bingung om, malah udah terlanjur beli FP baru…takut salah deteksi mubazir deh…dlm bbrp hr ini ane mgkn gak ada keluar kota om jd mobil gak akan mati sendiri, krn kalo dlm kota dia aman2 aja,kalo dr wiring kira2 apa yg perlu dicek ya om?

      • Om ane mau tanya harga fuel pump komplit sma soket ? Lengkap pokoknya harga brapa iya timor dohc ane barusan di pake tadi pagi tiba tiba gk jalan . Kalo kta montir gejala di fuel pump soketnya kabel udah banyak yg getas cuma msh bisa di akalin dan bensi masih keluar lewat selang di mesin dan msalahnya muncul lagi di cdi mati apakah ini mslah pasti di cdi atau bisa di mana aja iya masalahnya om ?? Mohon pencerahan mobil pertama ane baru beli 2 hari lalu

      • Ane tinggal di jakarta barat om tepatnya duri kosambi , siapa tau dket sini ada bengkel buat timi ?

  6. Gan mau tanya mobil Timor saya waktu di kontak posisi 2 kok gak pompa bensin gak bunyi seng ya.terus pas di stater gak bisa di apa mslahy di pompa bensin ya ya.moho infoy gan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s