Cara kreatif menghemat bahan bakar

Pernahkah anda mencermati pemakaian bahan bakar mobil sendiri?. Rata-rata konsumsi bahan bakar mobil timor dalam pemakaian normal berkisar antara 1 : 8 sampai 1 :12.

Berarti kalau konsumsi bbm mobil kita berada pada angka 1:8 dan setiap hari kita menempuh perjalanan 100 km maka jumlah bensin yang dikonsumsi adalah 12.5 liter.

Harga bensin ecaran saat ini Rp 4.500 perliter maka dalam sehari kita harus menyisihkan uang untuk urusan transportasi ini sebesar 12.5 x 4.55 = Rp. 56.250,-

Mungkin saat ini uang tersebut tidaklah bermasalah buat kawan kawan semua . Akan tetapi lambat tapi  pasti awal bulan yang akan datang pemerintah dengan gagahnya akan menaikkan harga bbm ( pasti naek bukan pasti pas ) entah berapa.Terbayang tidak misalnya harga bbm nainti setelah kenaikan adalah Rp. 10.000 perliter ?. Berarti tiap hari kita harus menyisihkan uang transportasi sebesar 12.5 x 10.000 = Rp. 125.000

Untuk mensiasati hal itu tak ada salahnya kita sedikit berkreasi terhadap mobil kita seperti apa yang dilakukan oleh Pak Zaenal di bawah ini.

Sudah 7 tahun lamanya Timor DOHC warna cream ini setia menemani Pa Zaenal kemanapun pergi setelah ditebus dari tangan pertama seorang dokter wanita, didukung dengan pengetahuan solid di bidang mekanikal elektrikannya , Ahli boiler dan juga kontraktor ini mulai berexperiment pada mesin mobilnya untuk mendapatkan satu tujuan = Irit bensin.

Tabung air dan kapur barus

Teorinya adalah meningkatkan oktan bensin dengan memanfaatkan uap kapur barus atau kamfer. Tampak di gambar adalah butiran utuh kapur barus yang di tampung di botol plastik bekas air mineral. Ujung botol ini dihubungkan menuju tabung berisi air melalui selang pastik. Tidak lupa pula bapak sederhana yang tinggal di Wisma Harapan Tangerang ini melengkapi dengan mini globe valve untuk mengatur arus uap yang masuk .

Pemasangan di Intake manipold

Uap bensin dan uap air dari tabung sebelumnya disedot masuk ke intake manipold melalui lubang neple MAP sensor yang dimodifikasi manjadi dua lubang dengan memanfaatkan nepple “T” agar supaya tidak menghilangkan fungsi dari sensor itu sendiri.

Tampak instalasi lengkap

Kalau dilihat dari gambar diatas, semua bahan bahan memakai bahan sederhana yang biasa kita jumpai sehari-hari. Tidak diperlukan lagi alat mahal semacam konverter ataupun sejenisnya, yang mahal dalam hal ini adalah Ide penciptaannya.

Pa Zaenal menuturkan bahwa dia sudah mengaplikasikan hal ini semenjak 2 ahun terakhir dan tidak pernah mengalami gangguan pada mesin.Hanya saja efeknya yang kadang bikin Bapak murah senyum ini kaget karena isi dompetnya jadi lebih awet .

Coba bayangkan , seperti yang dituturkan sang empunya , sebelom diaplikasikan rangkaian sederhana ini konsumsi bensin mobil ini adalah sama dengan mobil sejenis akan tetapi setelah mengaplikasi alat ini konsumsi bbm jadi meningkat menjadi 1:16 rata-rata.

Bukan tanpa penyelidikan pak Zaenal membanggakan angka fantastis  ini,tempat kerjanya yang berjarak sekitar 20 an kilometer sekali jalan atau 40 kilometer pp biasa menghabiskan uang bensin sebesar Rp.135.00,- seminggu tapi setelah memakai , uang transportnya hanya terpakai Rp.67.500,- saja perminggu hebat bukan.

Nah bagi yang tertarik mau mencoba atau bertanya tanya lagi mengenai Alat ini dan bagaimana perhitungan secara teoritisnya Pak Zaenal membuka pintu lebar lebar untuk berbagi ilmu di kediamannya.

Tetep Low profil meski ilmu segunung

::B-O-N-U-S ::

original posted by makbluduz

Bahan bahan yang perlu dipersiapkan:

1. Botol ( jerigen) radiator kijang               harga Rp. 20.000,-

2. Selang  1 meter                                      harga Rp. 15.000,-

3. Klem selang  5 x Rp.2.500,-                  harga Rp. 12.500,-

4. Mini valve 1/4 ”                                       harga Rp.15.000,-

5. Kamper 2 bungkus                                harga Rp. 22.000,-

6. ” T ” kuningan                                          harga Rp. 12.000,-

                Total estimasi harga bahan =            Rp. 96.500,-

 ::  Selamat mencoba ::

( segala bentuk copas tanpa mencantumkan sumber adalah tindakan pengecut )

Update : untuk memberikan gambaran mengenai perakitan silahkan klik  Skema system ini.

156 thoughts on “Cara kreatif menghemat bahan bakar

  1. wah.. info yang sangat bagus om, mudaha 2n pak Zaenal berkenan untuk kopi darat , diperbolehkan melihat langsung aplikasi penghemat bahan bakar buatannya di timornya…
    ajak2 ya om kalo maen kesana hehehe.. thanks..

  2. Kenaikan bbm akan menyengsarakan rakyat banyak, semoga saja pemerintah mengeti akan hal tersebut. Subsidi yang dibilang banyak dinikmati oleh kalangan menengah ke atas meskipun benar, kata “banyak” disini apabila dibandingkan dengan jumlah orang kaya dan orang miskin di indonesia tentunya akan mengalami perbedaan pengertian.jumlah orang miskin lebih banyak di indonesia dibandingkan dengan orang kaya.

      • Om saya cobah sdh, tapi kok tetap ya konsumsi bahan bakarnya..itu bukaan valve nya berapa besar? Kalau dibuka semua gelombang airnya bs sampai atas bs kesedot airnya ke intake manipol. Mohon penjelasannya.

      • Slt mlm pak zaenal bisa mintak nomer tlp bpk. Saya tertarik dengan essperiman’nya bpk. Mau saya coba pak klu bingung saya bs tlp bpk trim’s atau hubui saya om 082220099948

      • Salam om yanuar.. semoga percobaan anda berhasil.disini sudah banyak yang mencoba dan berhasil kok. Ini wa admin 08128962843 smg bisa membantu

  3. om ide om mau saya aplikasikan di timor saya, gmn ya caranya, bisa di bantu om, dengan alamat dan nmr teleponnya? makasih makasih makasih

  4. ide bagus nih timor saya juga sohc, tempat kerja saya deket wisma harapan, boleh alamat pa Zaenal..dong nanti silaturahmi kesana

  5. gimana kakau airnya masuk/terhisap ke intake manipold? ap gak bahaya pak? barusan saya coba cara bapak diatas, tabung yang berisi air langsung kempot karena terisap dan airnya pun terisap ke intake manipold… mohon pencerahannya pak…

    • gimana kakau airnya masuk/terhisap ke intake manipold? ap gak bahaya pak? barusan saya coba cara bapak diatas, tabung yang berisi air langsung kempot karena terisap dan airnya pun terisap ke intake manipold… mohon pencerahannya pak…

    • Tentu saja tidak akan ada air terhisap, mungkin ada yang salah pada proses perakitannya.
      Intinya adalah ada pada tabung berisi aer dan kapur barus yang terdapat dua buah selang . Dimana selang satunya langsung masuk menuju dasar air dan satunya hanya masuk sampai diatas permukaan air tanpa menyentuhnya.
      Selang yang terendam terhubung menuju tabung kering berisi kapur barus dan dilobangi kecil kecil sebesar jarum sesuai kebutuhan.
      sedang selang satunya adalah selang yang menuju ke intake dengan terlebih dahulu melewati sebuah mini ball valve untuk mengatur bukaan .

      bila ada pertanyaan lebih lanjut bisa kirim ke :
      makbluduz@yahoo.com
      Terima kasih

      • air nya air biasa pak/??
        knapa selang nya harus di lobangi kecil2, ,n kao tidak di lobangi pengaruhnya apa pak
        yerimakasih sebelumnya…

      • air yang dipakai adalah air biasa, sedang yang dilobangi kecil kecil bukan selangnya melainkan tempat kapur barus pertama ( yang kering )
        thanks sudah mampir.

      • Mantaaap ilmunya Om,,, mohon izin contek buat diterapkan ditimor DO sy. Mau tanya Om.. Posisi lubang2 di tabung kapur barus itu di mana kita lubangi Om..? Di pantat tabung atau posisi bawah kpr barusnya & klo lubangnya sebesar jarum, kira2 brp banyak lubangnya Om..?
        Mohon penjelasan klo kita cuma pake uap kapur barus aja gimana hasilnya Om & apa fungsi Air di sini Om.. Mohon pencerahan Om.. Trim’s

  6. wah..mantap neh ilmu nya pak zaenal…sy indra di sawangan depok, kapan2 mau coba mampir ketempatnya bpk neh

  7. Mantaaappp nihh om ide cemerlangny..mau jg nihh dcobain sm tmn2 Timor-er Sriwijaya..Saluuuttt bwt om zainal..

  8. om saya mau aplikasikan di TIMOR saya. bisakah saya dibantu om?kalau harus ke tangerang tangerangnya sebelah mana ya?

  9. apakah selain ini perlu dilakukan setingan mesin lainnya?karena debit bensin yg masuk ke karburator bakal tetap tanpa disetting ulang,thanks

  10. Pengen nerapin idenya pak, tp saya bingung aplikasinya di Timor saya SOHC
    Lokasi saya di Jogja, berharap di jogja udah ada yg nerapin idenya bapak biar saya bisa tanya2 langsung. Makasih sharingnya pak

  11. Saya juga di jogja bsk kl dah ada yang nerapin di jogja mohon infonya….Timorku 1 : 7 e… biar bisa irit

  12. Klo buat Timor SOHC bs pak? Boleh minta no atau emai bapa? Biar saya bs sharing ato bljr lgsg.
    Tks

  13. mohon Maaf om gimana klo om lepas dipasaran yg sdh dirakit jadi Kita para Timorer tinggal masang……trims sebelumnya Om..Salam Timor….

    • bukaannya tidak boleh terlalu lebar karena akan mengakibatkan “mbrebet ” atau rpm tidak stabil. coba dimulai dengan bukaan yang paling kecil dulu kalau masih stabil coba dipakai jalan dan dirasakan bedanya. Setelah itu baru ditingkatkan sedikit demi sedikit.

  14. Selamat sore om..lam kenal ya!mohon pencerahan neh om,saya berniat utk beli mobil dan ini merupakan mobil pertama saya dan keluarga.pilihan saya jatuh pada timor.nah,barangkali ada rekan,teman ato relasi yg bisa om rekomendasikan yg emang berniat utk menjual timor’y..utk lebih jelas’y kalo om ga keberatan sy boleh ndak mnta no hp si om?ato om bs hubungi sy di no 081572811141.makasih banyak ya.hatur nuhun pisan….

  15. Pingback: Skema injeksi kamfer untuk hemat BBM | sephia

  16. Pasang di daihatsu espass 96 bisa gak ya pak,kalo bisa tolong penjelasannya selang yg ke intake manifol itu kalo di espass yg sebelah mana ya pak,trims

    • wah , saya bukan pemilik espass om jadi mohon maaf tidak bisa menjawab. TApi kalau om kreatif caba cari lobang udara berupa selang kecil menuju intake manifold. trims sudah mampir.

  17. Om, ane aplikasiin ke mobil ane, tp ada masalah dengan berpindahnya air dr tangki air ke botol kapur barus. Itu mengganggu fungsi gk? Ada solusi buat air gk pindah gk om?

    • halo om reza,
      senang berkenalan dgn anda, mengenai berpindahnya air ke botol kapur barus secara teori seharusnya tidak terjadi.
      Coba diperiksa lagi apakah tidak ada step dan cara instal yang belum tepat, diposting update saya lampirkan gambar ilustrasinya coba dipelajari lagi.
      trims , sudah mampir.

  18. mohon bimbingannya,, bisa gk di aplikasikan di mobil sistem karburator,??
    lalu bagaimana caranya,??
    terimakasih sebelumnya..

  19. mini valve itu seperti apa ya om,?
    apakah bentuknya lbh kurang serperti kran begitu,, yg di buka dan ditutupnya manual begitu,? atau kah seperti apa,? lalu apa fungsinya,?
    dan bisa dibeli ditoko apa,?
    bengkel kah,? atau alat teknik begitu..

  20. Ane pamake timor DO gan,mw coba aplikasikan penghemat ВВM,klo untuk membuat penghematny sy sudah paham nah yg blm sy paham Gan ni masalah nyetel delcony,pas penyetelan keadaan mesin seprti apa yg menandakan klo setelanny pas,shngga penghemat ВВМ bisa berfungsi secara maksimal,,,trims sblmny

  21. om kalau pesen alat2 bisa ga ? jadi tinggal pasang aja…kira – kira kena berapa dikirim ke tangsel

    • wah mohon maaf om , admin tdk menyediakan alat alat atau menjual. Karena alat yg diperlukan mudah sekali dijumpai dipasaran sekeliling kita.
      Terima kasih sudah mampir dan ditunggu saran – kritiknya

  22. gimana kalo Om zaenal praktekin trus direkam video aja, trus diupload/dikirim ke temen2 yang butuh, jd gk meraba2 gmana prosesnya🙂

  23. pak, idenya sudah saya aplikasikan ke timor dohc saya, tapi kenapa kalo ac dihidupin, tarikan berat dan bensin malah boros pak??
    tapi kalo ac di matiin tarikan kenceng.. gimana pak biar iritnya sama kayak timornya pak zaenal,, gak tahan pak setiap hari musti ngisi 50ribu buat timor saya,, memang sih knalpot racing bikin boros, tapi setidaknya gak sampe 50rb perhari kan pak?? cuman perjalanan dalam kota yang gak sampe 20km jarak tempuh..
    saya dipalembang pak. terima kasih..
    salam timorer..

    • Saya dah masang dan mengikuti aturan yg sy baca pak,yg sy bingung kalo mini valve nya dibuka airnya bergelembung,bagus nya bukanya full apa separo saja pak,mohon pencerahan.

  24. maaf om sya dr lampung,,untuk aplikasi penghemat bbm ala pak zaenal bisa di lbih detail gx om,,maksut ny sketsa gambaran ny om,, mau saya coba di timor sya om,,
    trims ia om mhon di bantu,,,

  25. saya sudah coba praktekan pada kuda grandian bensin saya,pada waktu saya coba kok keluar asap pada knalpotnya ya .apa itu mengganggu kerja mesin apa tidak,terimakasih

    • Coba atur lagi bukaan mini valvenya om asap yg muncul mengindikasikan kalau ada perbandingan udara dan bahan bakar yg blm seimbang dalam proses pembakaran .ayo om Coba lagi sapa tahu si kuda yg terkenal “haus darah ” itu bisa irit

      • Om admin, saya sangat tertarik dengan teknik diatas, tp saya blm lihat sukses history dr yg lain selain empunya pak zaenal. Apakah om admin sendiri sudah aplikasikan dan bagaimana perbedaan nya om juga dari rekan yg lain yg sudah berhasil tolong di share sukses historynya.

      • Om admin, saya masih belum paham selang yg masuk ke intek manipol itu yg mana ya..? bisa nggak gabungnya dengan selang yg ke booster rem

  26. kemarin saya sudah aplikasi di timor sohc tapi belum sempat setel delconya,rpm mesin agak tinggi saat idle daripada sebelum aplikasi…setel delconya geser kekanan atau kekiri ya om

  27. cara sederhana tapi fungsi nya okee,, saya sudah aplikasiin di my timmi S515 sohc,, mantapp asalnya 1:7 sekarang jadi 1:15

  28. pak Zainal saya sudah terapkan pada daihatsu luxio 2013 tetapi efeknya baru pada tarikan pertamanya saja , sedangkan iritnya belum didapat , apa yang perlu disetting lagi supaya bisa dapat iritnya, mohon advisenya

    • Sy dah pasang di mobil kijang efi pak,tapi kenapa kalo setelah jalan jauh trs parkir air nya kok keluar dari selang menuju tempat kamper ya,mohon penyegaran pak..gimana cara nya supaya air nya ga keluar ke tempat kamper,soalnya kampernya jadi basah dah meleleh.terima kasih

  29. Salam kenal om.
    Saat ini premium Rp 8500, terasa dompet ini cepat tipis.
    Sy pemakai daihatsu zebra 94 pick up, dipakai sehari hari cari sewa, ada sewa ada uang klo gak ada ya ngetem di pinggir jalan, sdh sy modifikasi pakai injeksi kamper seperti yg om post di blok ini, efeknya ok banget, pengerjaannya gak susah 1 x percobaan langsung berhasil, sy tinggal di kota medan sumatera utara, kalau ada teman2 di medan mau aplikasikan dikendaraannya hub hp sy 081396315789.
    Terima kasih om.

  30. salam kenal
    saya henri dari malang
    Sudah praktekin sesuai hal diatas, pada mobil espass injeksi,
    1. temperatur mesin jadi berkurang ( sering over kalau pas jalan macet )
    2. ada air yang netes saat jalan, biasanya pas hidupin di pagi hari saja .
    Tanya :
    1. apa Fungsi air dalam tabung itu apa? jika sebagai penyaring udara apa bisa di ganti spon saja
    2. normalkah tetesan air dr knalpot, mengingat jarak air dg selang menuju manipol cukup jauh, jadi gak mungkin kesedot langsung kecuali uapnya saja
    terima kasih

  31. Ass. Wr wb . salam kenal om ………….kalau botolnya yg terisi kapur barus ( botol kering ) nggak dilobangi gimana om……………………… pengaruhnya apa thank’s
    aku dah krm email tlg di tanggapi ya om…………………..
    wass. wr wb

  32. saya pemilik timor DO 98
    biasanya tiap kali jalan keseharian entah brangkat ato pulang pasti isi bbm
    dengan skema kapur barus iseng2 sudah ane coba sekali trial langsung keliatan hasilnya, ane buat jalan dengan rute keseharian udah ketauan irit bgt cz dan sudah 2x pp belum isi bbm jarum bensin kagak mau turun2 dan benar ane bisa tersenyum sekarang hehehehe
    thanks ilmunya om,

    • dengan berpatokan degan dasar skema tsb. ane sedikit modifikasi jd di bak kontrol air ane kasih penutup dan ane beri pipa L kecil yg dilobangi hanya d bag.bawah saja untuk mengurangi goncangan air agar tdk naik keatas (muncrat), dan untuk mini valve ane hilangkan dan ane ganti dgn memasukkan spuyer kecil lubang kecil sejarum d dalam selang yg masuk ke bypas MAP intake.

  33. salam om….
    sy dah coba nich…matode ini,mohon binbinganya ya,
    blm sy stel delco nya,kayaknya sdh pas omm,apa perlu disetting lg delconya om…oya jk stelan delco kurang pas, pengaruh ga sm mesinnya,makasih omm….

  34. Salam,

    mohon ijin, apakah untuk Kijang Grand Extra 1800 thn 1996 juga bisa? solanya berasa banget borosnya…

    terima kasih

  35. saya coba injeksi kampernya,and it works om!! Makasih banyak ilmunya,cuman mau nanya nih om, si air yg di reservoir lama kelamaan kok ilang/nguap ya om?dan yang tersisa serbuk kamper, Gimana kalo dalem tabung reservoirnya saya ganti busa/spons sebagai pengganti air sekalian berfungsi sebagai filter agar jangan ada bubuk kamper yg masuk ke ruang bakar? Makasih banyak om untuk jawabannya

  36. Oom , saya pakai kijang krista, minumnya banyak, tolong oom apakah cara tsb bisa dipakai di kijang krista tsb. Mohon pencerahannya . Tks oom.

    • Coba aja om. Timor yg dohc yg injeksi aja proven. Sapa tau krista nya juga bisa. Ini krista yg dah efi kan? Yg penting gelembung airnya jgn sampe kesedot. Yg pasti sih kalo di kijang karburator di sy kmrn gagal. Malah tambah boros. Biarpun tarikannya tambah enteng. Dan ternyata busi jadi penuh jelaga item yg tebel ( sebelumnya tidak ). Nanti testi aja di sini hasilnya

  37. Om bluduz,
    Salken ya…baru iseng2 buka internet, eh ketemu oprekan ini.
    Lgs sy rakit di kijang super 91 , semua peralatan saya pake bekas2 semua, utk coba2 sblm beli bahan yg beneran.
    Bahan2 yg sy pake :
    – botol bekas oli 1 liter utk air nya ( sy pake destilated water, kalo air biasa takut nanti uapnya bikin karat )
    – botol minyak rem yg sy lubangin utk kapur barus.
    – selang bensin / pcv 1 meter
    – selang vacuum yg kecil 1 meter
    – T plastik utk cabang pcv dan botol air

    Ini sdh sy rakit mas, emang sih mesin jadi lebih stabil rpm nya. Dan tarikan wenteng tenan. Tapi sepertinya iritnya belum. Apakah pemakain T plastik pengaruh ya? Atau selang vacuum yg dr botol air ke pcv harus lebih diturunin lagi sedikit ? Krn sy taruhnya di tutup botol dengan memakai T kecil utk menghindari cipratan air yg muncrat ke selang yg ke vacum? Mohon. Bimbingannya mas bluduz. Oiya rumah sy di serpong, kalo boleh sy main dengan temen2 timor di tangerang , posisinya dmana yah?
    Suwun sanget

    • Silahkan om , untuk mendapatkan settingan yg tepat perlu instink tajem dan feeling kuat . Saya yakin kalau kita sdh pakai mobil lama pasti sdh sehati sehingga sekecul apapun perubahan yg terjadi kita lsg tahu

  38. Setelah saya aplikasikan injeksi kapur barus ala pak zaenal pada mobil timor dohc ku,mmg tarikan lebih ringan.dan yang menjadi permasalahannya mengapa setelah 2 minggu saya mengaplikasikannya air yang ada di tabung recervoir jadi hilang dan yang tersisa hanya serbuk kapur barus yg mengkristal.padahal skema sudah benar.dan ini juga terjadi pada teman yang juga mengaplikasikan skema tersebut dan permasalahan juga sama.apakah mmg air yg d recervoir akan abis dan harus d tambahin terus.saya tunggu jawabannya om admin.salam hangat dari pasuruan_jawa timur

  39. saya sudah mencoba di kijang kapsul carburator……namun kok ga ada efeknya ya bos,bbm tetep boros,apa adayg salah dengan pemilihan letak injecnya ya?

  40. Ass semua, sdh lama gak baca artikel ini jadi kangen om….
    Semua mesin sdh mulai memakai aplikasi om punya, tp sy mau kasih tau untuk pengguna mesin carburator kalau sistem injeksi kamper tidak akan berhasil apabila sistem pengapian tidak standar, tabung vakum di delco sumbat, fungsi lubang halus yg di carburator tumpat, jadi tolong perhatikan bagi pengguna mesin carburator……

    • maksutnya lubang vacum yg di delko harus ditutup gitu ta om?kalau boleh minta no hp om?ini no sy 085257300074…trims.

  41. 1 Lagi om, permasalahan yg timbul mengatur seberapa banyak uap yg dialir kan ke mesin, cara paling gampang gunakan T palstik yg salah satu ujungnya di padatkan dengan cara di bakar, lalu tusuk pakai paku jarum buat lubang halus, jamin langsung berhasil, tapi ingat semua harus standart pabrik seperti komen sy yg diatas….
    Proyek kedepan sy mau aplikasikan ke spd motor supra x 125 thn 2013 ntar klo ok sy share om…..

    • Gimana hasil percobaanya ijeck pakai uap kapur barus pada supra 125
      Saya penasaran hasilnya
      Makasih

  42. om chandra lutfi…..sy masih bingung dg komen yg atas,”tabung vacum di delco sumbat” maksutnya apa ya?

  43. Mohon infonya apa sudah ada yang aplikasi di Avanza dan berhasil irit, karna sudah sy terapkan seperti skemanya, tp belum keliatan iritnya, mksh

  44. warungnya kok sepi ya gan…….ternyata sulik sekali diaplikasikan ke kijang carbu,mungkinkah ada yg berhasil pasang di mobil carbu…moga mau berbagi

  45. Saya coba aplikasikan di kuda SE99 hasilny mantaff.. Untuk tarikan.. Tp untuk uji bbm blum bisa kasih coment coz lg ad masalah di indikator bensin… Tnks bpk.zaenal yg mau berbagi ilmu…. Moga tambah sukses pak…. Tnks admin…

  46. Slt mlm pak zaenal bisa mintak nomer tlp bpk. Saya tertarik dengan essperiman’nya bpk. Mau saya coba pak klu bingung saya bs tlp bpk trim’s

  47. apa yg ada di daerah surabaya saya mau nyoba di mitsubishi eterna
    mohon bantuannya…
    nih pin bbm sya 5CB1C01F
    makasi

  48. trims ide briliannya pak zaenal, ini sy br sj aplikasikan ke timy saya, cuman belum smpe ngecek bbm nya smpe mana, salam kenal pak, satu timor sejuta saudara

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s