Pernahkah anda mencermati pemakaian bahan bakar mobil sendiri?. Rata-rata konsumsi bahan bakar mobil timor dalam pemakaian normal berkisar antara 1 : 8 sampai 1 :12.
Berarti kalau konsumsi bbm mobil kita berada pada angka 1:8 dan setiap hari kita menempuh perjalanan 100 km maka jumlah bensin yang dikonsumsi adalah 12.5 liter.
Harga bensin ecaran saat ini Rp 4.500 perliter maka dalam sehari kita harus menyisihkan uang untuk urusan transportasi ini sebesar 12.5 x 4.55 = Rp. 56.250,-
Mungkin saat ini uang tersebut tidaklah bermasalah buat kawan kawan semua . Akan tetapi lambat tapi pasti awal bulan yang akan datang pemerintah dengan gagahnya akan menaikkan harga bbm ( pasti naek bukan pasti pas ) entah berapa.Terbayang tidak misalnya harga bbm nainti setelah kenaikan adalah Rp. 10.000 perliter ?. Berarti tiap hari kita harus menyisihkan uang transportasi sebesar 12.5 x 10.000 = Rp. 125.000
Untuk mensiasati hal itu tak ada salahnya kita sedikit berkreasi terhadap mobil kita seperti apa yang dilakukan oleh Pak Zaenal di bawah ini.
Sudah 7 tahun lamanya Timor DOHC warna cream ini setia menemani Pa Zaenal kemanapun pergi setelah ditebus dari tangan pertama seorang dokter wanita, didukung dengan pengetahuan solid di bidang mekanikal elektrikannya , Ahli boiler dan juga kontraktor ini mulai berexperiment pada mesin mobilnya untuk mendapatkan satu tujuan = Irit bensin.
Tabung air dan kapur barus
Teorinya adalah meningkatkan oktan bensin dengan memanfaatkan uap kapur barus atau kamfer. Tampak di gambar adalah butiran utuh kapur barus yang di tampung di botol plastik bekas air mineral. Ujung botol ini dihubungkan menuju tabung berisi air melalui selang pastik. Tidak lupa pula bapak sederhana yang tinggal di Wisma Harapan Tangerang ini melengkapi dengan mini globe valve untuk mengatur arus uap yang masuk .
Uap bensin dan uap air dari tabung sebelumnya disedot masuk ke intake manipold melalui lubang neple MAP sensor yang dimodifikasi manjadi dua lubang dengan memanfaatkan nepple “T” agar supaya tidak menghilangkan fungsi dari sensor itu sendiri.
Tampak instalasi lengkap
Kalau dilihat dari gambar diatas, semua bahan bahan memakai bahan sederhana yang biasa kita jumpai sehari-hari. Tidak diperlukan lagi alat mahal semacam konverter ataupun sejenisnya, yang mahal dalam hal ini adalah Ide penciptaannya.
Pa Zaenal menuturkan bahwa dia sudah mengaplikasikan hal ini semenjak 2 ahun terakhir dan tidak pernah mengalami gangguan pada mesin.Hanya saja efeknya yang kadang bikin Bapak murah senyum ini kaget karena isi dompetnya jadi lebih awet .
Coba bayangkan , seperti yang dituturkan sang empunya , sebelom diaplikasikan rangkaian sederhana ini konsumsi bensin mobil ini adalah sama dengan mobil sejenis akan tetapi setelah mengaplikasi alat ini konsumsi bbm jadi meningkat menjadi 1:16 rata-rata.
Bukan tanpa penyelidikan pak Zaenal membanggakan angka fantastis ini,tempat kerjanya yang berjarak sekitar 20 an kilometer sekali jalan atau 40 kilometer pp biasa menghabiskan uang bensin sebesar Rp.135.00,- seminggu tapi setelah memakai , uang transportnya hanya terpakai Rp.67.500,- saja perminggu hebat bukan.
Nah bagi yang tertarik mau mencoba atau bertanya tanya lagi mengenai Alat ini dan bagaimana perhitungan secara teoritisnya Pak Zaenal membuka pintu lebar lebar untuk berbagi ilmu di kediamannya.
Tetep Low profil meski ilmu segunung
::B-O-N-U-S ::
original posted by makbluduz
Bahan bahan yang perlu dipersiapkan:
1. Botol ( jerigen) radiator kijang harga Rp. 20.000,-
2. Selang 1 meter harga Rp. 15.000,-
3. Klem selang 5 x Rp.2.500,- harga Rp. 12.500,-
4. Mini valve 1/4 ” harga Rp.15.000,-
5. Kamper 2 bungkus harga Rp. 22.000,-
6. ” T ” kuningan harga Rp. 12.000,-
Total estimasi harga bahan = Rp. 96.500,-
:: Selamat mencoba ::
( segala bentuk copas tanpa mencantumkan sumber adalah tindakan pengecut )
Update : untuk memberikan gambaran mengenai perakitan silahkan klik Skema system ini.
wah.. info yang sangat bagus om, mudaha 2n pak Zaenal berkenan untuk kopi darat , diperbolehkan melihat langsung aplikasi penghemat bahan bakar buatannya di timornya…
ajak2 ya om kalo maen kesana hehehe.. thanks..
boleh om..nanti dikabari<thanks udah mampir
om saya juga mau mobil saya borong amatt ,, tolong bantuannya om ini om nomer saya om bisa hbugin saya 085749118112 ,mkasih
om botol isi kamper d kasih lubang gak soalnya pas hidup botolnya jadi kempis
Kenaikan bbm akan menyengsarakan rakyat banyak, semoga saja pemerintah mengeti akan hal tersebut. Subsidi yang dibilang banyak dinikmati oleh kalangan menengah ke atas meskipun benar, kata “banyak” disini apabila dibandingkan dengan jumlah orang kaya dan orang miskin di indonesia tentunya akan mengalami perbedaan pengertian.jumlah orang miskin lebih banyak di indonesia dibandingkan dengan orang kaya.
betul, saya setuju dengan om satu ini.
Trims om dah mampir
Yok kita coba di SOHC barangkali bisa lebih irit juga……
boleh..siapin bahannya dulu lah, ..
Om saya cobah sdh, tapi kok tetap ya konsumsi bahan bakarnya..itu bukaan valve nya berapa besar? Kalau dibuka semua gelombang airnya bs sampai atas bs kesedot airnya ke intake manipol. Mohon penjelasannya.
ya betul om, bukaan valve jangan besar besar. coba setel ulang delco dan lakukan tune up .
Trims sudah mampir.
Slt mlm pak zaenal bisa mintak nomer tlp bpk. Saya tertarik dengan essperiman’nya bpk. Mau saya coba pak klu bingung saya bs tlp bpk trim’s atau hubui saya om 082220099948
Salam om yanuar.. semoga percobaan anda berhasil.disini sudah banyak yang mencoba dan berhasil kok. Ini wa admin 08128962843 smg bisa membantu
om ide om mau saya aplikasikan di timor saya, gmn ya caranya, bisa di bantu om, dengan alamat dan nmr teleponnya? makasih makasih makasih
Kami ada di tangerang, beberapa teman sudah mengumpulkan bahan bahan untuk diaplikasikan.
Om dedy tinggal dimana om ?
om,punya saya bisa ga ????
bisa..tunggu report dari om hanif yg lagi experiment nanti hasilnya kita contek om..
Ide berilian om…mabil sy tomor SOHC apakah bisa diterapkan ya?
bisa om…tinggal pasang ” T ” pada selang vacum keluaran dari PCV .
om sy jg mo ikutan dong buat diaplikasikan di timy sy. kayanya timy sy boros banget (1:6an). kl bisa sy minta no hpnya om biar bisa temuan. trmks
nomer hp nya si om berapa kirim ke makbluduz@yahoo.com nanti saya invite biar bisa interaksi lsg memakai aplikasi Whatsapp, Kami Timor Tangerang memakai aplikasi ini utk sharing ilmu.
ide bagus nih timor saya juga sohc, tempat kerja saya deket wisma harapan, boleh alamat pa Zaenal..dong nanti silaturahmi kesana
kita ada wadah silaturahmi untuk timor wilayah tangerang ,kalau om Di PT panca prima berarti masuk wilayah ini.
Coba join ke
Timor Tangerang Family
kami siap berbagi ilmu..sudah ada pilot project type SO
trims om sudah mampir
saya di PT.Pan Brothers, boleh dong no hp nya bos…..
Mas Oka websitenya belum aktif ya…. saya masuk ke website kok trouble…. no hp nya aja nih kapan kita bisa kopi darat…..
gabung aja om di timor tangerang family on facebook… banyak temen temen sekitaran tangerang ada di group ini…
setuju om..
gimana kakau airnya masuk/terhisap ke intake manipold? ap gak bahaya pak? barusan saya coba cara bapak diatas, tabung yang berisi air langsung kempot karena terisap dan airnya pun terisap ke intake manipold… mohon pencerahannya pak…
gimana kakau airnya masuk/terhisap ke intake manipold? ap gak bahaya pak? barusan saya coba cara bapak diatas, tabung yang berisi air langsung kempot karena terisap dan airnya pun terisap ke intake manipold… mohon pencerahannya pak…
Tentu saja tidak akan ada air terhisap, mungkin ada yang salah pada proses perakitannya.
Intinya adalah ada pada tabung berisi aer dan kapur barus yang terdapat dua buah selang . Dimana selang satunya langsung masuk menuju dasar air dan satunya hanya masuk sampai diatas permukaan air tanpa menyentuhnya.
Selang yang terendam terhubung menuju tabung kering berisi kapur barus dan dilobangi kecil kecil sebesar jarum sesuai kebutuhan.
sedang selang satunya adalah selang yang menuju ke intake dengan terlebih dahulu melewati sebuah mini ball valve untuk mengatur bukaan .
bila ada pertanyaan lebih lanjut bisa kirim ke :
makbluduz@yahoo.com
Terima kasih
Sundul bakso sik wae gan.. 😀
Setujuh
air nya air biasa pak/??
knapa selang nya harus di lobangi kecil2, ,n kao tidak di lobangi pengaruhnya apa pak
yerimakasih sebelumnya…
air yang dipakai adalah air biasa, sedang yang dilobangi kecil kecil bukan selangnya melainkan tempat kapur barus pertama ( yang kering )
thanks sudah mampir.
pengaruh jangka pendek.panjangnya terhadap mesin/tarikan gimana pak…?
Mantaaap ilmunya Om,,, mohon izin contek buat diterapkan ditimor DO sy. Mau tanya Om.. Posisi lubang2 di tabung kapur barus itu di mana kita lubangi Om..? Di pantat tabung atau posisi bawah kpr barusnya & klo lubangnya sebesar jarum, kira2 brp banyak lubangnya Om..?
Mohon penjelasan klo kita cuma pake uap kapur barus aja gimana hasilnya Om & apa fungsi Air di sini Om.. Mohon pencerahan Om.. Trim’s
wah..mantap neh ilmu nya pak zaenal…sy indra di sawangan depok, kapan2 mau coba mampir ketempatnya bpk neh
silahkan pak, salam kenal dari admin juga bila berkenan mampir beritahu kami untuk disampaikan ke beliau .
Mantaaappp nihh om ide cemerlangny..mau jg nihh dcobain sm tmn2 Timor-er Sriwijaya..Saluuuttt bwt om zainal..
masih infonya om, dari kediri mau nyobak…
selang vacum keluaran dari PCV . itu yang mana di sohc om?
om saya mau aplikasikan di TIMOR saya. bisakah saya dibantu om?kalau harus ke tangerang tangerangnya sebelah mana ya?
di wisma harapan om , nanti di mediatori biar dapat ketemu pak zaenalmnya, thanks
I Like it.
terima kasih banyak info nya gan !!
Hidup. . . TIMOR
apakah selain ini perlu dilakukan setingan mesin lainnya?karena debit bensin yg masuk ke karburator bakal tetap tanpa disetting ulang,thanks
mnenurut pak Zaenal yg perlu disetting cuma delkonya.
Thanks
pak apa bisa diaplikasikan di mobil jenis lain, krn saya pakai kijang super 92, terima ksh seblmnya.
secara teori seharusnya bisa pak, tinggal pinter pinternya kita menentukan letak titik injeksinya supaya langsung masuk intake manifold dan ketepatan mengatur bukaan krans-nya, thanks udah mampir
ikut nanya om,cara setting delkonya gimana yah?bisa share ilmu’y ga?tanks
Pengen nerapin idenya pak, tp saya bingung aplikasinya di Timor saya SOHC
Lokasi saya di Jogja, berharap di jogja udah ada yg nerapin idenya bapak biar saya bisa tanya2 langsung. Makasih sharingnya pak
Saya juga di jogja bsk kl dah ada yang nerapin di jogja mohon infonya….Timorku 1 : 7 e… biar bisa irit
jogja banyak pakar pertimoran om ..coba hubungi rekan rekan di JTF ( jogja Timor FAmily )
Klo buat Timor SOHC bs pak? Boleh minta no atau emai bapa? Biar saya bs sharing ato bljr lgsg.
Tks
kirim no hape ke email saya pak , biar nanti bisa kami invite ke whatsapp group, trims
bisa diaplikasikan ke mobil eropa pak ? mobil BMW 520i th 91.terimakasih.
silahkan dicoba pak,semoga menjadi yang pertama karena kami kebetulan tidak memahami mobil eropa jadi tidak bisa memberi komentar.
mohon Maaf om gimana klo om lepas dipasaran yg sdh dirakit jadi Kita para Timorer tinggal masang……trims sebelumnya Om..Salam Timor….
wah maaf om, saya ga punya bengkel khusus begituan…experiment bisa memanfaatkan barang bekas pake rumah tanngga..thx
tanggerang’y di mana om boleh minta no tlp’y,,,kirim aja no tlp’y agung_afriansyah86@rocketmail.com
jawabannya sama dgn agan dimastanu diatas , thanks
mantap om
bukaan valve’y kira2 normal’y berapa persen om..?????
bukaannya tidak boleh terlalu lebar karena akan mengakibatkan “mbrebet ” atau rpm tidak stabil. coba dimulai dengan bukaan yang paling kecil dulu kalau masih stabil coba dipakai jalan dan dirasakan bedanya. Setelah itu baru ditingkatkan sedikit demi sedikit.
nice info Gan, matur tks
ditunggu om artikelnya buat yang SOHC…
Selamat sore om..lam kenal ya!mohon pencerahan neh om,saya berniat utk beli mobil dan ini merupakan mobil pertama saya dan keluarga.pilihan saya jatuh pada timor.nah,barangkali ada rekan,teman ato relasi yg bisa om rekomendasikan yg emang berniat utk menjual timor’y..utk lebih jelas’y kalo om ga keberatan sy boleh ndak mnta no hp si om?ato om bs hubungi sy di no 081572811141.makasih banyak ya.hatur nuhun pisan….
halo mas indra tanto, gimana sudah dapet timornya ?
om salam kenal, bisa kirim no hp or email om?? sy mau coba untuk Timor sy email sy hastuni@yahoo.com terima kasih om….ditunggu balesannya…:)
Kalo kapur barusnya langsung di dalam tanki bansin bisa gak ya pak?
bisa om …bisa menimbulkan kerak residu di injector. saran saya jangan dah ….piss
om jaenal…mau tanya?…kalau uapnya aja di masukin langsung dalam tanki bisa g om..
mau ngalap berkah ilmunya omjaenal,moga banyak berkahNya…
Bisa bikin kerak lho om
om bisa minta no telp nya? saya di makassar…untuk kejelasan lengkap, thanks
Pingback: Skema injeksi kamfer untuk hemat BBM | sephia
Pasang di daihatsu espass 96 bisa gak ya pak,kalo bisa tolong penjelasannya selang yg ke intake manifol itu kalo di espass yg sebelah mana ya pak,trims
wah , saya bukan pemilik espass om jadi mohon maaf tidak bisa menjawab. TApi kalau om kreatif caba cari lobang udara berupa selang kecil menuju intake manifold. trims sudah mampir.
Om, ane aplikasiin ke mobil ane, tp ada masalah dengan berpindahnya air dr tangki air ke botol kapur barus. Itu mengganggu fungsi gk? Ada solusi buat air gk pindah gk om?
halo om reza,
senang berkenalan dgn anda, mengenai berpindahnya air ke botol kapur barus secara teori seharusnya tidak terjadi.
Coba diperiksa lagi apakah tidak ada step dan cara instal yang belum tepat, diposting update saya lampirkan gambar ilustrasinya coba dipelajari lagi.
trims , sudah mampir.
saya uda mencoba tp knapa masi boros?
saya uda lakukan smua saran bos,pa da yang kurang tepat /pas,,,,?mohon pencerahannya
mohon bimbingannya,, bisa gk di aplikasikan di mobil sistem karburator,??
lalu bagaimana caranya,??
terimakasih sebelumnya..
mini valve itu seperti apa ya om,?
apakah bentuknya lbh kurang serperti kran begitu,, yg di buka dan ditutupnya manual begitu,? atau kah seperti apa,? lalu apa fungsinya,?
dan bisa dibeli ditoko apa,?
bengkel kah,? atau alat teknik begitu..
ya betul om seperti kran kecil
Kalo gk pake air gmn om? Injek langsung kapur barus
jangan om…bisa bikin kerak di injektor
Ane pamake timor DO gan,mw coba aplikasikan penghemat ВВM,klo untuk membuat penghematny sy sudah paham nah yg blm sy paham Gan ni masalah nyetel delcony,pas penyetelan keadaan mesin seprti apa yg menandakan klo setelanny pas,shngga penghemat ВВМ bisa berfungsi secara maksimal,,,trims sblmny
coba simak tulisan bro topik di sini om , trims sudah mampir .
caba setel sehingga suara ” ngelitik ” nya berkurang atau hilang sama sekali.
Trims sudah mampir
om kalau pesen alat2 bisa ga ? jadi tinggal pasang aja…kira – kira kena berapa dikirim ke tangsel
wah mohon maaf om , admin tdk menyediakan alat alat atau menjual. Karena alat yg diperlukan mudah sekali dijumpai dipasaran sekeliling kita.
Terima kasih sudah mampir dan ditunggu saran – kritiknya
kalau di terapkan di mesin diesel bisa gak yaa? tengkiu om..
minta no hpnya pak zaenL DNK THKS
Salam kenal, om klo di aplikasikan di mobil karburator bisa ga? dan beli mini valve dimana ?
gimana kalo Om zaenal praktekin trus direkam video aja, trus diupload/dikirim ke temen2 yang butuh, jd gk meraba2 gmana prosesnya 🙂
pak, idenya sudah saya aplikasikan ke timor dohc saya, tapi kenapa kalo ac dihidupin, tarikan berat dan bensin malah boros pak??
tapi kalo ac di matiin tarikan kenceng.. gimana pak biar iritnya sama kayak timornya pak zaenal,, gak tahan pak setiap hari musti ngisi 50ribu buat timor saya,, memang sih knalpot racing bikin boros, tapi setidaknya gak sampe 50rb perhari kan pak?? cuman perjalanan dalam kota yang gak sampe 20km jarak tempuh..
saya dipalembang pak. terima kasih..
salam timorer..
Pak mau tanya kalo di applikasikan di mobil kijang krista at bisa ga ya?..mohon bantuan nya trims
Saya dah masang dan mengikuti aturan yg sy baca pak,yg sy bingung kalo mini valve nya dibuka airnya bergelembung,bagus nya bukanya full apa separo saja pak,mohon pencerahan.
buka dikit dikit ga perlu sampai setengah..yg penting gelembung tdk ikut terhisap dan meain tidak ngelitik
Trima kasih pak,mudah2an mobil krista saya jadi irit bbm nya dan tarikan nya enteng kaya mobil bapak,
Diterapkan pada kuda grandia bensin 2.0 mpi bisa nggak ya gan?
maaf om sya dr lampung,,untuk aplikasi penghemat bbm ala pak zaenal bisa di lbih detail gx om,,maksut ny sketsa gambaran ny om,, mau saya coba di timor sya om,,
trims ia om mhon di bantu,,,
Sudah ada om silahkan periksa
Om punya saya timor SOHC kalau dipasang gimana caranya tolong dishare diagram gambarnya selang input dan out putnya
email saya r.bintara@yahoo.co.id
salam timor-er
saya sudah coba praktekan pada kuda grandian bensin saya,pada waktu saya coba kok keluar asap pada knalpotnya ya .apa itu mengganggu kerja mesin apa tidak,terimakasih
Coba atur lagi bukaan mini valvenya om asap yg muncul mengindikasikan kalau ada perbandingan udara dan bahan bakar yg blm seimbang dalam proses pembakaran .ayo om Coba lagi sapa tahu si kuda yg terkenal “haus darah ” itu bisa irit
Om admin, saya sangat tertarik dengan teknik diatas, tp saya blm lihat sukses history dr yg lain selain empunya pak zaenal. Apakah om admin sendiri sudah aplikasikan dan bagaimana perbedaan nya om juga dari rekan yg lain yg sudah berhasil tolong di share sukses historynya.
Om admin, saya masih belum paham selang yg masuk ke intek manipol itu yg mana ya..? bisa nggak gabungnya dengan selang yg ke booster rem
apakah berlaku buat timor sohc.
makasih.
Saya udah berteman sama anda n aq udah tau gimana caranya apha pak zainal praktekkan dan saya dengan teori saya udah tau
kemarin saya sudah aplikasi di timor sohc tapi belum sempat setel delconya,rpm mesin agak tinggi saat idle daripada sebelum aplikasi…setel delconya geser kekanan atau kekiri ya om
cara sederhana tapi fungsi nya okee,, saya sudah aplikasiin di my timmi S515 sohc,, mantapp asalnya 1:7 sekarang jadi 1:15
Wah menajubkan itu om bisa dishare dimari ilmunya om
pak Zainal saya sudah terapkan pada daihatsu luxio 2013 tetapi efeknya baru pada tarikan pertamanya saja , sedangkan iritnya belum didapat , apa yang perlu disetting lagi supaya bisa dapat iritnya, mohon advisenya
mas klo pesan yg sudah di rakit alias tinggal pasang bisa nga?
Sy dah pasang di mobil kijang efi pak,tapi kenapa kalo setelah jalan jauh trs parkir air nya kok keluar dari selang menuju tempat kamper ya,mohon penyegaran pak..gimana cara nya supaya air nya ga keluar ke tempat kamper,soalnya kampernya jadi basah dah meleleh.terima kasih
Salam kenal om.
Saat ini premium Rp 8500, terasa dompet ini cepat tipis.
Sy pemakai daihatsu zebra 94 pick up, dipakai sehari hari cari sewa, ada sewa ada uang klo gak ada ya ngetem di pinggir jalan, sdh sy modifikasi pakai injeksi kamper seperti yg om post di blok ini, efeknya ok banget, pengerjaannya gak susah 1 x percobaan langsung berhasil, sy tinggal di kota medan sumatera utara, kalau ada teman2 di medan mau aplikasikan dikendaraannya hub hp sy 081396315789.
Terima kasih om.
Salam kenal juga mas chandra ,selamat ya anda sdh berhasil menggunakan tehnologi sederhana dan tepat guna ini ,kalau berkenan bisa share pengalamannya disini untuk dimuat berikut fotonya mas ke makbluduz@yahoo.com.trims
salam kenal
saya henri dari malang
Sudah praktekin sesuai hal diatas, pada mobil espass injeksi,
1. temperatur mesin jadi berkurang ( sering over kalau pas jalan macet )
2. ada air yang netes saat jalan, biasanya pas hidupin di pagi hari saja .
Tanya :
1. apa Fungsi air dalam tabung itu apa? jika sebagai penyaring udara apa bisa di ganti spon saja
2. normalkah tetesan air dr knalpot, mengingat jarak air dg selang menuju manipol cukup jauh, jadi gak mungkin kesedot langsung kecuali uapnya saja
terima kasih
Ass. Wr wb . salam kenal om ………….kalau botolnya yg terisi kapur barus ( botol kering ) nggak dilobangi gimana om……………………… pengaruhnya apa thank’s
aku dah krm email tlg di tanggapi ya om…………………..
wass. wr wb
saya pemilik timor DO 98
biasanya tiap kali jalan keseharian entah brangkat ato pulang pasti isi bbm
dengan skema kapur barus iseng2 sudah ane coba sekali trial langsung keliatan hasilnya, ane buat jalan dengan rute keseharian udah ketauan irit bgt cz dan sudah 2x pp belum isi bbm jarum bensin kagak mau turun2 dan benar ane bisa tersenyum sekarang hehehehe
thanks ilmunya om,
dengan berpatokan degan dasar skema tsb. ane sedikit modifikasi jd di bak kontrol air ane kasih penutup dan ane beri pipa L kecil yg dilobangi hanya d bag.bawah saja untuk mengurangi goncangan air agar tdk naik keatas (muncrat), dan untuk mini valve ane hilangkan dan ane ganti dgn memasukkan spuyer kecil lubang kecil sejarum d dalam selang yg masuk ke bypas MAP intake.
apa benar bisa…klo misal airnya terhisap bgmn ya,bahaya ga ya buat mesin…..trims
Iya , bahaya om sangat berbahaya….tidak disarankan untuk yg belum baca secarakeseluruhan..trims
boleh minta alamat web nya,utk belajar lebih lanjut mengenai sistem ini….trimakasih om sebelumnya..
salam om….
sy dah coba nich…matode ini,mohon binbinganya ya,
blm sy stel delco nya,kayaknya sdh pas omm,apa perlu disetting lg delconya om…oya jk stelan delco kurang pas, pengaruh ga sm mesinnya,makasih omm….
Salam,
mohon ijin, apakah untuk Kijang Grand Extra 1800 thn 1996 juga bisa? solanya berasa banget borosnya…
terima kasih
saya coba injeksi kampernya,and it works om!! Makasih banyak ilmunya,cuman mau nanya nih om, si air yg di reservoir lama kelamaan kok ilang/nguap ya om?dan yang tersisa serbuk kamper, Gimana kalo dalem tabung reservoirnya saya ganti busa/spons sebagai pengganti air sekalian berfungsi sebagai filter agar jangan ada bubuk kamper yg masuk ke ruang bakar? Makasih banyak om untuk jawabannya
Oom , saya pakai kijang krista, minumnya banyak, tolong oom apakah cara tsb bisa dipakai di kijang krista tsb. Mohon pencerahannya . Tks oom.
Coba aja om. Timor yg dohc yg injeksi aja proven. Sapa tau krista nya juga bisa. Ini krista yg dah efi kan? Yg penting gelembung airnya jgn sampe kesedot. Yg pasti sih kalo di kijang karburator di sy kmrn gagal. Malah tambah boros. Biarpun tarikannya tambah enteng. Dan ternyata busi jadi penuh jelaga item yg tebel ( sebelumnya tidak ). Nanti testi aja di sini hasilnya
Om bluduz,
Salken ya…baru iseng2 buka internet, eh ketemu oprekan ini.
Lgs sy rakit di kijang super 91 , semua peralatan saya pake bekas2 semua, utk coba2 sblm beli bahan yg beneran.
Bahan2 yg sy pake :
– botol bekas oli 1 liter utk air nya ( sy pake destilated water, kalo air biasa takut nanti uapnya bikin karat )
– botol minyak rem yg sy lubangin utk kapur barus.
– selang bensin / pcv 1 meter
– selang vacuum yg kecil 1 meter
– T plastik utk cabang pcv dan botol air
Ini sdh sy rakit mas, emang sih mesin jadi lebih stabil rpm nya. Dan tarikan wenteng tenan. Tapi sepertinya iritnya belum. Apakah pemakain T plastik pengaruh ya? Atau selang vacuum yg dr botol air ke pcv harus lebih diturunin lagi sedikit ? Krn sy taruhnya di tutup botol dengan memakai T kecil utk menghindari cipratan air yg muncrat ke selang yg ke vacum? Mohon. Bimbingannya mas bluduz. Oiya rumah sy di serpong, kalo boleh sy main dengan temen2 timor di tangerang , posisinya dmana yah?
Suwun sanget
Silahkan om , untuk mendapatkan settingan yg tepat perlu instink tajem dan feeling kuat . Saya yakin kalau kita sdh pakai mobil lama pasti sdh sehati sehingga sekecul apapun perubahan yg terjadi kita lsg tahu
Timor saya SOHC th. 99, Bisa minta tolong dikirim skemanya OM utk SO
Setelah saya aplikasikan injeksi kapur barus ala pak zaenal pada mobil timor dohc ku,mmg tarikan lebih ringan.dan yang menjadi permasalahannya mengapa setelah 2 minggu saya mengaplikasikannya air yang ada di tabung recervoir jadi hilang dan yang tersisa hanya serbuk kapur barus yg mengkristal.padahal skema sudah benar.dan ini juga terjadi pada teman yang juga mengaplikasikan skema tersebut dan permasalahan juga sama.apakah mmg air yg d recervoir akan abis dan harus d tambahin terus.saya tunggu jawabannya om admin.salam hangat dari pasuruan_jawa timur
Narohnya dijauhin dari panas mesin coba om..kalau memang sdh benar shrsnya air awet krn kan tidak tersedot mesin
saya sudah mencoba di kijang kapsul carburator……namun kok ga ada efeknya ya bos,bbm tetep boros,apa adayg salah dengan pemilihan letak injecnya ya?
coba share fotonya ke email saya om
inject kampernya sy sambung kelubang vacum dekat setelan angin carburator om,yg fungsi tadinya utk vacum delco.apa salah ya om?
Ass semua, sdh lama gak baca artikel ini jadi kangen om….
Semua mesin sdh mulai memakai aplikasi om punya, tp sy mau kasih tau untuk pengguna mesin carburator kalau sistem injeksi kamper tidak akan berhasil apabila sistem pengapian tidak standar, tabung vakum di delco sumbat, fungsi lubang halus yg di carburator tumpat, jadi tolong perhatikan bagi pengguna mesin carburator……
maksutnya lubang vacum yg di delko harus ditutup gitu ta om?kalau boleh minta no hp om?ini no sy 085257300074…trims.
1 Lagi om, permasalahan yg timbul mengatur seberapa banyak uap yg dialir kan ke mesin, cara paling gampang gunakan T palstik yg salah satu ujungnya di padatkan dengan cara di bakar, lalu tusuk pakai paku jarum buat lubang halus, jamin langsung berhasil, tapi ingat semua harus standart pabrik seperti komen sy yg diatas….
Proyek kedepan sy mau aplikasikan ke spd motor supra x 125 thn 2013 ntar klo ok sy share om…..
Gimana hasil percobaanya ijeck pakai uap kapur barus pada supra 125
Saya penasaran hasilnya
Makasih
om chandra lutfi…..sy masih bingung dg komen yg atas,”tabung vacum di delco sumbat” maksutnya apa ya?
moga ada temen2 yg sudah coba dimobil carbu dan berhasil….dan mau share disini
Mohon infonya apa sudah ada yang aplikasi di Avanza dan berhasil irit, karna sudah sy terapkan seperti skemanya, tp belum keliatan iritnya, mksh
ane aplikasikan dsohc berhasil om. 1 litet dapet 14 km. .
carbu apa inject om jony?
Buat bro fafa delta bel ke hp saya 081396315789
Sy siap bantu……..
Narohnya dijauhin dari panas mesin coba om..kalau memang sdh benar shrsnya air awet krn kan tidak tersedot mesin
warungnya kok sepi ya gan…….ternyata sulik sekali diaplikasikan ke kijang carbu,mungkinkah ada yg berhasil pasang di mobil carbu…moga mau berbagi
Saya coba aplikasikan di kuda SE99 hasilny mantaff.. Untuk tarikan.. Tp untuk uji bbm blum bisa kasih coment coz lg ad masalah di indikator bensin… Tnks bpk.zaenal yg mau berbagi ilmu…. Moga tambah sukses pak…. Tnks admin…
Slt mlm pak zaenal bisa mintak nomer tlp bpk. Saya tertarik dengan essperiman’nya bpk. Mau saya coba pak klu bingung saya bs tlp bpk trim’s
Selamat sore om, sangat membantu informasinya, ada rujukan ga untuk membantu aplikasikan di timor saya?
Ada yang bisa bantu pemasangannya ga? Di daerah tangerang.
Siapin bahannya om nanti kita oprek bareng
apa yg ada di daerah surabaya saya mau nyoba di mitsubishi eterna
mohon bantuannya…
nih pin bbm sya 5CB1C01F
makasi
Ada yg sdh praktek ke mitsubishi eterna dohc 2000 cc? Mohon share y. Trims
trims ide briliannya pak zaenal, ini sy br sj aplikasikan ke timy saya, cuman belum smpe ngecek bbm nya smpe mana, salam kenal pak, satu timor sejuta saudara
Kalau pake selang transparant pengaruh gak?
Saya sudah aplikasikan 2 minggu lalu di timor saya, hanya saya pakai selang yang transparan gak masalah ya pak zae? Valve saya buka 1/2 bukaan tapi belum terasa nih, malah reservoir kempot dan ada butiran air yang terhisap ke manipol kenapa ya?
Ada yang mau pesan rakitannya, saya bisa bantu tapi ada cost, hikkkks?
Kemarin sich merasa di tarikan rada enak…tapi di BBm belum ya? Memang mobil sudah rada berasap, apa pengaruh ya?
Selangnya boleh transparan gak?
Om sy ada kijang grand th 1997 apakah bisa menggunakan aplikasi dr bapak nomor say a 08992165724 tolong di bantuj
bisa diaplikasiin di kijang rover ga ya om?
Salam kenal,
kami dari supplier valve di Indonesia PT Diemar Energi Nusantara.
Siap mengadakan barang Valve dan produk Instruments sesuai kebutuhan Industri anda.
Visite : http:// jualvalveflowmeter.com
1.seandanya nggak make ballmini valve apa bisa…
2.ball mini valvr di gantikan dg kran manual..gmn…apa jg bsa..
3.uap kamper jika kelebihan bgmn jg..
sebelom nya trims…..
mohon pencerahan nya
1.seandanya nggak make ballmini valve apa bisa…
2.ball mini valvr di gantikan dg kran manual..gmn…apa jg bsa..
3.uap kamper jika kelebihan bgmn jg..
sebelom nya trims…..
mohon pencerahan nya….
mini valve nya bs nggak di ganti pake kran manual
menarik, masih adakah yang menggunakan modif ini? om Admin?
Om…kalo untuk diterapkan di toyota kijang grand extra bisa gak…
Imfo pk jenis valve nya yg kaya gimana
Halo om,
saya dari manado. Kejauhan ya barang kali haha.
ada ngga video tutorial buatnya.
Saya juga ngga paham-paham amat mengenai beginian. Siapa tau bisa langsung praktek sambil belajar.
misi om
bisa ga saya pesan jadinya?
timi Saya SOHC
dan saya di Manado jadinya susah mo kopdaran hehe
salam
andre
085240318280 (WA)
Apakabar 2019 Timy Tangerang, ohya saya Andi pengendara Timy Kaltim, mo nanya perkembangan “Cara kreatif menghemat bahan bakar pake kamper/ kapur barus ini..masih layak ga? apa ga pemgaruhi performa mesin/ injektor?..q dah coba rakit namun belum brani lama2 buka kran/valve karena pas dbuka langsung senjal dan mo mati mesin..namun ttp idle/ langsam bila bukaan dikit aja 🙂 … ohya itu klo dah dimatikan mesin (dirumah or sampai di kantor) apa krannya ditutup aja ato biarkan aja posisi kran terbuka? trims
pribadi pake bukaan valve/ krannya dengan melihat gelembung/ pusaran air di tangki air kamper..posisi kran digelembungnya kecil/ beriak tipis,.gapapa bgitu aja yah? posisi kran bukan pd gelembung/ riak sedang ato yg besar/ suara mesin agak tinggi mendekati senjal?.mohon pencerahannya..trims
halloo..?
Kalo di buat di kijang super yg masih pakek karburator bisa nggak ya om…
Mohon petunjuknya om…
Maturnuwon om…