Skema injeksi kamfer untuk hemat BBM

Beberapa waktu yang lalu admin melakukan kontak dgn pak Zaenal sebagai pemilik Timor DOHC yang sudah mempraktekkan Injeksi KAmfer.

Menurut keterangan beliau selama memakai alat ini hampir tidak terjadi efek apapun terhadap mesin, hanya saja efeknya sangat terasa terhadap kantong karena bisa berhemat dalam belanja BBM.

” System ini sangat berbeda bila dibandingkan dengan mencampur kamfer langsung ke dalam tangki bahan bakar yang bisa berakibat kerak pada injektor ”

Oh ya .. saat ini beliau sudah tidak lagi pegang si biru dongker yang sudah injeks kamfer, karena seiring dengan perkembangan karir saat ini si biru sudah disulap menjadi Grand L*v*n*.

Akan tetapi saat saya singgung lagi mengenai sistem injeksi si biru, beliau masih sangat gamblang dan antusias lagi menjelaskan mengenai hal tersebut dari ” A ” sampai ” Z ” .

Tak ada kata gagal bila kita menekuni sesuatu dengan sungguh – sungguh dan serius, begitu pesannya.

Dibawah ini Beliau memberikan kenang – kenangan kepada sobat parkirantimor  dengan harapan bisa memberikan gambaran lebih jelas mengenai  sketsa sistem

berikut skema tersebut  admin coba terjemahkan dgn ilustrasi ala kadarnya :

kamfer

Skema Injeksi Kamfer Ala P. Zaenal

Pada skema tersebut diatas ada beberapa bagian penting yang perlu mendapat perhatian khusus saat melakukan perakitan.

1, Botol berisi kamfer.

Memanfaatkan botol bekas air minum kemasan yang tebalnya cukup dan tahan terhadap suhu ruang mesin.

Butiran butiran kamfer dimasukkan kedalamnya  sedangkan seluruh badan botol dilobangi menggunakan bor pcb dengan diameter mata bor 1 mm.

Bisa juga memanfaatkan jarum yang dipanasi jika kesulitan menemukan bor pcb.

Lobang – lobang sebesar jarum ini ditujukan untuk menghindari kondisi vacum pada botol akibat sedotan dari arah intake manifold.

2, Botol berisi air.

Botol ini adalah botol khusus yang biasa dipergunakan pada tabung expansi air radiator.

Dimana pada tutupnya terdapat dua buah lubang yang menghubungkan selang panjang menuju dasar tabung dan selang pendek yang menggantung dibawah tutup.

Tabung ini didisi air bersih sebatas setengah volume tabung ( mungkin berfungsi sebagai filter dimana udara yang mengandung uap kamfer akan dialirkan dulu melalui air ini sebelum dihisap oleh intanke manifold.

Perlu diperhatikan juga level ketinggian air disini jangan sampai terlalu tinggi yang akan mengakibatkan air ikut terhisap ke mesin.

3, Mini gate valve

Komponen ini tidak kalah pentingnya dibandingkan dengan komponen yang lain .

Karena komponen ini mengatur bukaan laju uap kamfer menujumesin.

Resep dari beliau pada saat melakukan penyetelan dimulai dari valve tertutup penuh kemudian dibuka pelan – pelan sambil mengatur delco.

Salam dari pak Zaenal

:: original posted by : makbluduz ::

57 thoughts on “Skema injeksi kamfer untuk hemat BBM

  1. Pingback: Cara kreatif menghemat bahan bakar | sephia

  2. Maksud dari seluruh badan botol dilubangi kecil itu gmn ya om? Lubangnya kecilnya satu lebih dr satu?

    • Ini botol kapur barus khan ? dilobangin kecil kecil pake jarum sebanyak mungkin om, hal ini untuk menghindari kevacuman akibat udara didalam tabung yang disedot oleh intake.
      Thanks.

      • Pagi bos,, saya sudah pasang sistem injeksi kapur barus di timor sohc saya, lumayan irit, tapi kenapa banyak butiran2 halus di air tabung dan bikin mampet selang2 ke valve, botol tabung air jadi kempot,, habis saya bersihkan 10-20 kilo sudah mampet lagi,, tolong pencerahannya..

      • Selamat ya bos, instalasi nya sudah benar sepertinya hanya ada kendala mampet di selang dan tabung jadi kempot. Coba kurangi bukaan valve nya dan tambahkan lagi lobang lobang kecil pada sekujur badan botol tempat kamfer.

    • Halo OM Sumiyanah, selamat yah anda berhasil mengaplikasikannya , maaf jawabannya telat maklum banyak kerjaan keteteran.

      Apakah anda yakin tidak ada yang terlewatkan? apakah sistem injeksinya sudah berjalan ? biasanya ini ditandai dengan bergelembungnya air saat gas di tekan.

      coba di mulai dengan bukaan valve kecil dulu.

      Selamat mencoba.

  3. om bisakah ini diterapkan pada timor SOHC karburator coz timi ane boros bgt 1:6 pke AC, trus caranya bagaimana? thks sebelumnya

    • Sohc pake AC 1:6 memang terhitung boros om..coba disetel ulang karburatornya agar perbandingan bensin dan udaranya sesuai dan didapat nilai AFR yang tepat dulu.
      Secara teori sih seharusnya bisa juga diterapkan di mesin sistem karburator.
      Terimakasih om, sudah mampir

  4. Gan selang yang masuk ke intake caranya bagaimana, apa dilobangin dulu intake nya, trus klw di SOHC kalau dipasang sebelum karbu bagaimana?

  5. malam om, saya sudah berhasil mengaplikasi sistem ini ke timor saya, cuma saya belum tahu boros atau tidaknya. pada saat menyetel mini valve bukaan dari kecil berbuih sedikit jika full berbuih banyak dan mesin jadi kasar bagusnya mini valvenya setengah atau sesuai settingan yang saya dapat?? terimakasih, maaf banyak tanya terus

    • Coba setel bukaan valve pada tingkat buih yang sedang dulu, sambil digas apakah ada ” ngelitiknya ” atau tidak.
      Iringi dengan menyetel posisi delco untuk mengimbangi efek ” ngelitik tadi ” kalau dirasa sudah pas tinggal isi bensin full tank.
      Catat kilometer saat itu berapa kemudian pakai mobil untuk keperluan sehari hari sampai jarum bensin turun kira kira seperempat atau lebih karena pemakaian tadi ( semakin besar penyimpangan semakin akurat tingkat perhitungan ).
      Catat kilometer sekarang dan isi lagi bensin sampai full tank dan catat volume bensin yang terisi kedalam tangki ( liter ).
      Kurangi angka kilometer terakhir dengan angka kilometer pertama. Hasilnya dibagi dengan liter bensin.
      angka yang didapat adalah perbandingan satu liter bensin dengan jarak tempuh.

      Oke om selamat mencoba dan berharap hasilnya memuaskan.

  6. mas sy minta tlg alamat pak zaenal mo minta tlg dipasangkan alatnya mksh tlg bgt ya mas timor sy boros bgt 1 : 6

  7. om mau tanya klo pemakaian kamper 2bungkus itu cukup untuk brp km ya? atau kira2 untuk brp hari?
    trus apa guna fungsi penggunaan air ya? thx

    • Kalau yg dipakai botol bekas air mineral diisi kamper penug bisa tahan sebulanan kok.air di tabung tambahan berfungsi ganda pertama sebagai filter dan yg kedua berguna sebagai media pengikatan ion ion oksigen yg kata orang fisika bisa bereaksi thd ion dr uap kamfer atau kapur barus tadi.
      Usia kamfer tentu saja tetap tergantung dgn pemakaian .
      Oh ya ..botol bekas air mineral sptnya kurang cocok krn lama kelamaan akan keriput karena panas dr ruangan mesin.
      Trims

  8. um udah saya coba ternyata kamper lama kelamaan mencair krn udara dalam ruang mesin. untuk mengatur Mini gate valve yang paling tepat gmn ya? bukaan 1/2 full ato bagaimana? krn sy coba bensin tetap aja gak ada penghematan yg signifikan. thx

    • bukaannya sangat kecil om dan dijaga agar tarikan mesin tidak ngelitik.
      Memang nantinya kamper ini akan ” menyublim ” sampai habis
      Jangan lupa pula diimbangi dengan penyetelan Delco.

  9. Thx buat solusi yg super brilian ini.
    Sy baru aja mempraktekkan buat si Timmy dan hasil nya superrrrrrr iritttt bs mencapai 1:15…

    #om admin mohon pencerahan spy mesin bs lebih halus…
    Thx

    Om admin, blh add WA ane 08978193553

    • Selamat mas ,
      Saya ikut senang mendengarnya dan kalau berkenan bisa berbagi pengalamannya tulis saja disertai foto foto dokumentasi
      kirim ke email saya
      insyaallah saya posting di blog.
      trims

  10. om admin, air yg di tabung reservoir itu bisa habis ato tidak? harus sering dipantau ketinggian air itu? apa airnya ikut masuk ke ruang bakar ato hanya uapnya saja? maaf banyak nanya om admin. terima kasih sebelumnya…

  11. Mas Bluduz, Saya sudah coba aplikasi di Timor SOHC, tarikan mesin lebih enteng, kalau untuk konsumsi BBM masih ditunggu untuk 2 Minggu, Nanti kalau sudah ada hasil saya Share, terima kasih untuk bagi – bagi ilmunya.

      • “Asslmlkuuumm …. mo ikut share…. saya pke kuda bensin 99 SE. instalasi sudah selesei… cuman sayang lum bisa liat hasilnya, karena masih ada kendala di indikator bensin ngaco… habis isi bensin jarum indikator mau naik tapi tiba tiba E begitu ada guncangan… adapun perubahan yang saya rasakan sampai saat ini sebatas tarikan kuda serasa dikasih pertamax…. sebelumnya saya mengucapkan trimakasih ats ilmunya bapak zaenal …. moga setelah saya ganti pelampung bensin nanti …. saya bisa lebih tau perubahannya…

  12. Semua system bisa berhasil dg catatan mbl d srvice dulu,smua pengapian oke,stelan mesin standar…spt yg sy aplikasi d timy 99 sy..trims idenya om

  13. Mas power window yang tidak berfungsi gimana cara melihat fuse atau relay yg berhubungan dgn power window

  14. Salam bos,, timor sohc saya sudah saya padang sistem ijeksi kapur barus,, lumayan irit sih,, tapi kenapa suka mampet ya di selang2nya dari tabung air ke valve, ada butiran2 kecil kapur barusnya yg bikin mampet jadi kempot tabung airnya..baru 10-20 kilo sudah mampet lagi,, Tolong minta pencerahan

  15. Salam bos,, timor sohc saya sudah saya pasang sistem ijeksi kapur barus,, lumayan irit sih,, tapi kenapa suka mampet ya di selang2nya dari tabung air ke valve, ada butiran2 kecil kapur barusnya yg bikin mampet jadi kempot tabung airnya..baru 10-20 kilo sudah mampet lagi,, Tolong minta pencerahannya.. Thanks

  16. Pagi bos… Saya sudah pasang sistem injeksi kapur barus,, lumayan irit,, tapi kenapa sering mampet ya di selang2 dari tabung air ke selang valve, banyak butiran2 halus kamper yg bikin mampet jadi bikin tabung air kempot..air di tabung air juga banyak butiran2 halus kamper,, Habis saya bersihin Baru 10 – 20 kilo sudah mampet lagi.. Tolong pencerahannya.. Thanks

    • om Ridho bagi2 fotonya dong pengaplikasian di timor sohc untuk IN nya masuk bareng selang vakum yg mana??? tlg di fotoin ya om kirim via WA di 08563666307,,saya tggu trims salam timor sohc

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s