Merawat Interior

Kadang kita lebih mementingkan exterior dalam hal perawatan dibanding interior.

Padahal, interior memberikan kenyamanan tersendiri kepada pengemudi dan penumpangnya.

Bisa juga kesehatan penumpang dan pengemudi dipengaruhi juga kebersihan interior mobil itu sendiri.

Berikut beberapa tips yang saya sadur dari Facebook sebagai bahan referensi kita dalam merawat interior agar kabin terasa nyaman dan sehat .

1. Dashboard.

Bersihkan dashboard dengan cara menggosok permukaan dengan lembut dam merata dengan campuran air dan sabun cair secukupnya. Jagann menekan terlalu keras karena kemungkinan akan membuat dashboard terbaret. Lalu segera lap dengan kain basah agar sabun tidak mongering yang bisa membuat flek pada dashboard. Apabila sedang parkir, carilah tempat yang teduh atau gunakan pelindung untuk menutupi bagian kaca mobil guna melindungi dashboard dari sinar matahari. Pasalnya, sinar matahari yang masuk akan bertambah 2 kali lipat suhunya disbanding suhu di luar mobil, yang menybabkan dashboard retak-retak.

2. Plafon.

Bersihkan plafon dengan menggunakan air tetapi jangan sampai berlebihan, kemudian gosok dengan lap yang tidak terlalu basah. Sebab, konfigurasi plafon yang berlapis-lapis dan terdiri dari beragam material membutuhkan perawatan yang khusus. Perlu diketahui, lapisan luar plafon berbahan sejenis kain wool dan bila kena air, lapisan di atas wool akan menjadi lembab. Dan bila terjadi kelembaban yang berlebihan akan menimbulkan bau yang tidak sedap. Selain itu, kelembaban juga menyeebabkan jamur. Segera bersihkan dengan lap daerah yang telah disikat dan disabun tersebut. Tak lupa saat mengeringkan hindari penggunaan vacuum cleaner karena bisa menarik plafond dan mengakibatkan efek gelembung.

3. Karpet.

Saat membersihkan karpet, usahakan dilakukan sesering mungkin, terutama karpet bagian depan. Karena di atas karpet depan itulah lubang hisap udara kabin AC berada. Jika karpet depan kotor, maka tentu saja debu akan terhisap blower sehingga AC akan bercampur dengan bau yang tidak sedap.

4. Jok dan Doortrim.

Apabila jok berbahan fabric, akan lebih mudah lembab di musim hujan. Untuk menjaga agar tetap kering, gunakan vacuum cleaner dan hindari mengunakan hair dryer. Panas yang menghasilkan pengering rambut tersebut dapat merusak busa jok. Sehingga menyebabkan busa mengeras. Lakukan jug pelumasan pada rel jok dengan menggunakan gemuk/penetran yang sesuai.

5. AC atau penyejuk udara.

Pergunakan AC sesering mungkin saat berkendara. Alat ini adalah bahan pendingin yang digunakan dalam siklus pendinginan. Refrigerant akan berubah bentuk dari gas menajdi cairan dan kembali lagi ke bentuk gas. Refrigerant juga mengandung pelumas yang akan melumasi kompresor AC. Pelumas ini berguna untuk menjaga seal dan pipa tetap lembab, karena bila kering dan retak akan menimbulkan kebocoran pada pipa-pipa AC.

Selamat mengisi liburan dengan kenyamanan kabin yang terawat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s